Soal Flu Singapore, Dinkes Medan Belum Terima Laporan

MEDAN – Terkait beberapa kasus flu Singapura menjangkiti sejumlah anak-anak di Kota Medan, namun pihak Dinas Kesehatan Kota Medan mengaku belum ada laporan sama sekali soal penyakit ini.

Hal tersebut dikatakan Kepala Bidang Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Kota Medan, Mutia Nimpar.

“Laporan ke kita belum ada, jadi belum tahu. Kecuali ada laporan dari rumah sakit ke dinas akan kita telusuri. Biasanya kalau ada kami tanggapi. Sampai saat ini belum ada aduan ataupun laporan, namun demikian akan kami telusuri,” kata Mutia.

Flu Singapura menjangkiti sejumlah anak-anak yang ada di Kota Medan. Flu menular melalui virus dan menyerang anak-anak. Penyakit ini juga dikenal dengan penyakit mulut dan kaki atau Hand, Foot, and Mouth, Disease (HFMD) yang memiliki ciri-ciri bintik berair, tangan, kaki, demam tinggi, dan sariawan.

Warga Jalan Garu IV, Kecamatan Medan Amplas, Nina mengatakan, dua buah hatinya sudah didiagnosa dokter terkena virus flu Singapura.

Sementara warga Kecamatan Medan Tuntungan, Budi, juga mengatakan hal yang sama. Anak lelakinya yang berusia 1,5 tahun, kemungkinan tertular virus flu Singapura, saat bermain di kolam renang.

“Panas badan anak saya sampai tiga puluh sembilan derajat. Timbul bintik merah-merah di tapak tangan dan tapak kaki. Kemudian di mulut juga ada. Kata dokter, flu Singapura, dan memang katanya sedang merebak di Medan,” ungkapnya.

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *