Kapoldasu: Limbah Pabrik Penyebab Sungai Kera Kotor

MEDAN – Kapolda Sumatera Utara Irjen Pol Agus Andrianto memastikan penyebab aroma bau busuk serta hitamnya warna air sungai kera, Kecamatan Medan Tembung, disebabkan limbah pabrik yang dibuang langsung ke dalam aliran sungai.

“Selain itu, ditambah limbah rumah tangga masyarakat yang dibuang langsung. Tapi limbah pabrik lah penyebab warnanya hitam dan bau,” katanya.

Kapolda bersama pejabat utama, Kapolrestabes Medan Kombes Pol Dadang Hartanto, Wali Kota Medan Dzulmi Eldin, TNI dan masyarakat melaksanakan bakti sosial pembersihan aliran sungai kera, Selasa (25/6/2019).

Kekecewaan Agus terlihat saat orang nomor satu di polda sumut turun langsung ke aliran sungai kera untuk mengangkut sampah. “Saya minta semua pihak harus komitmen untuk menjaga aliran sungai, semuanya harus bersinergi,” pintanya.

Agus meminta masyarakat dan pengusaha pabrik tidak lagi membuang limbahnya ke aliran sungai yang ada di kota Medan, sebab sungai sebagai sumber kehidupan alternatif bila dibutuhkan.

Dalam kegiatan ini, Jenderal bintang dua tersebut memanggil sejumlah pihak terkait termasuk BWS. “Kita mau ajak semua pihak untuk membersihkan, jadi kita mengedepankan edukasi moral (prepentif) kalau tidak mau baru kita tegas,” tutupnya.

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *