Pramuka Sumut Siap Bangkit Kembali dan Bergairah

MEDAN – Pasca Musyawarah Daerah Gerakan Pramuka Kwartir Daerah Sumatera Utara belum lama ini dan terpilihnya Kakak Nurdin Lubis sebagai Ketua Kwardasu, diharapkan Gerakan Pramuka Sumut bangkit kembali.

“Angin segar kegiatan kepramukaan di Sumut diharapkan bangkit kembali dan bergairah, sebab Gerakan Pramuka masih menjadi primadona dan pilihan terbaik bagi generasi muda untuk menimba ilmu dan berbagi pengalaman lewat kegiatan kepramukaan,” ujar Baharuddin Saputra, SH mantan Andalan Humas Kwarcab Medan yang juga Ketua Umum Dewan Kesenian Sumatera Utara (DKSU).

Masa remaja Bahar diwarnai dengan aktifitas kepramukaan mulai golongan Siaga, Penggalang, Penegak, Pandega hingga Pembina dan berpengalaman dalam kepengurusan pengelola Kwartir sebagai andalan.

Masa penggalang di Gudep 019-020 TVRI Medan ia terpilih sebagai 10 orang penggalang putra terbaik pada Regu Banteng, menjadi Regu terbaik pada Lomba Tingkat (LT) Kwarran Kecamatan Medan Barat, Kwarcab Kota Medan dan kwarda Sumut, hingga tingkat Nasional di Cibubur Jakarta.

Masa penegak dan pandega terpilih menjadi Pengurus Dewan Kerja Daerah Sumatera Utara (DKDSU) dipercaya sebagai Kabid Penelitian dan Evaluasi (Litev) priode 1988-1992 pimpinan Ketua Alm.Kak Sulasno.

Masa priodenya menjadi Ketua Sangga kerja Pengembaraan Desember ( Pedestra) 1988, Pimpinan Rombongan Putra Perkemahan Wirakarya di Purbalingga Jawa Tengah 1990, Humas Pertikara Nasional di Sibolangit 1992.

“Kak bahar yang saya kenal sejak remaja hingga kini masih berjiwa pramuka, dia benar benar menjiwai hingga tercermin dalam kesehariannya bekerja, bergaul dengan berbagai kalangan, sampai terpilih menjadi Ketua Dewan Kesenian Sumut, berkat ketekunannya dalam dunia kepramukaan, dunia kesenian dan Kebudayaan,” ujar Kak War Jamil mantan Sekretaris Kwarda Sumut dan Tokoh Pers Sumut.

Ayub Badrin sahabat Bagar satu angkatan sebagai peserta Teater Pelajar Taman Budaya Medan sejak 1980 mengakui Bahar menekuni dunia Teater dalam berkesenian hingga menguasai ilmu sastra / jurnalistik dan perfilman.

Jauhari Irawan anggota Teater Kita Medan, menurutnya Bahar gigih dan konsisten dalam dunia Seni dan Pramuka, hingga memiliki kemampuan percaya diri untuk meraih impiannya.

Sementara itu Wan Hidayati Kadis Budpar Sumut menegaskan sosok Bahar memiliki percaya diri yang luar biasa. Setidaknya dalam waktu setahun ini ia telah berkiprah membesarkan Dewan Kesenian Sumatera Utara (DKSU) lewat berbagai kegiatan Regional, Nasional dan tingkat Asia bahkan Internasional. Bahar dinilai wajar mendapat penghargaan dari Kapolri sebagai PNS Polri Polda Sumut yang berprestasi.

Kehadirannya dalam dunia Keseniaan dan Kepramukaan di Sumut, diharapkan dapat mewarnai kedua cabang kegiatan yang selalu sejalan itu.[rel]

Related Posts

LEAVE A COMMENT

Make sure you enter the(*) required information where indicated. HTML code is not allowed

Theme Settings

Please implement Expnews_Options_menu_location_multi_select::getCpanelHtml()

Please implement Expnews_Options_multi_select::getCpanelHtml()