Ternyata, Lapas Hinai Over Kapasitas

MEDAN – Kepala Kantor Wilayah Kementrian Hukum dan Ham Sumatera Utara, Dewa Gede mengatakan, saat ini total pengunjung narapidana di Lembaga Pemasyarakatan Narkotika Kelas III Kecamatan Hinai Kabupaten Langkat ada sekitar 1.635 napi.

Lanjut dikatakannya, sementara itu untuk total kapasitas di Lapas khusus Narkotika itu hanya menampung sekitar 915 narapidana.

“Kapasitas untuk di Lapas Narkotika Kelas III yang di Kecamatan Hinai Kabupaten Langkat itu sekitar 915 napi dan sementara itu napi saat ini berjumlah sekitar 1.635 napi,” ujar gede, Rabu (16/5/2019) sore.

Gede juga membenarkan pemicu kerusuhan di Lapas tersebut dikarenakan penangkapan narkoba di salah satu blok.

“Pemicunya akibat penangkapan narkoba oleh petugas sipir di salah satu blok napi,” ungkapnya.

Lanjut dikatakannya, saat ini Lapas yang dihuni hampir seribuan orang itu hanya dijaga oleh 11 sipir.

“Petugas yang berjaga hanya berjumlah 11 orang dan beda pendapat itu wajar, kita mau memberantas narkoba, mereka tetap mau mengedarkan,” ungkapnya.

Ditambahkan gede, ia telah mengerahkan petugas dan berkoordinasi dengan Kapolda Sumatera Utara untuk mengamankan para napi yang melarikan diri.

“Saya tadi sudah hubungi pak Kapoldasu untuk melakukan pengamanan dan menangkap kembali para narapidana yang kabur,” ujarnya.

Oleh sebab itu, ia telah mengeluarkan surat edaran untuk seluruh Lembaga Pemasyarakatan di Sumatera Utara agar tidak melakukan hal-hal yang memicu kerusuhan.

“Saya tadi sudah kirim surat edaran untuk semua lapas agar jangan melakukan tindakan kekerasan dan tetap berkoordinasi dengan kepolisian dan BNN jika ada narkoba,” tuturnya.

Related Posts

LEAVE A COMMENT

Make sure you enter the(*) required information where indicated. HTML code is not allowed

Theme Settings

Please implement Expnews_Options_menu_location_multi_select::getCpanelHtml()

Please implement Expnews_Options_multi_select::getCpanelHtml()