IPEMI Medan Fasilitasi UKM Binaannya Dapatkan Pelatihan dan Kelengkapan Usaha

digtara.com | MEDAN – Menyongsong perayaan satu tahun Ikatan Pengusaha Muslimah Indonesia (IPEMI) Medan yang jatuh pada tanggal 30 April 2019 mendatang, organisasi yang diketuai oleh pengusaha muda Sri Wahyuni, SH, kini tengah fokus dalam membesarkan unit-unit usaha yang dikelola oleh para anggotanya. Bersama-sama dengan Ketua Divisi UKM IPEMI Medan, Dessy Nur Syafrida Sunita, S Psi, Sri Wahyuni berkomitmen penuh dalam memajukan usaha para anggotanya.

Hal tersebut disampaikannya ketika mendampingi Ketua Divisi UKM dalam pemaparan program-program bidang ukm yang telah dilakukan selama setahun ini, berikut rencana pengembangan ke depan. Menurutnya, seluruh kegiatan yang telah dilaksanakan selama ini berhasil diwujudkan karena adanya kekompakan dan kemauan kuat para pengurus dan anggota UKM IPEMI Medan, dalam mengembangkan usahanya.
Sementara itu, Ketua Divisi UKM IPEMI Medan, Dessy Nur Syafrida Sunita, S Psi, mengatakan bahwa sampai saat ini ada 50 orang anggota UKM yang menjadi bergabung dalam IPEMI Medan. Dari jumlah tersebut, 70 persennya bergerak di ranah UKM makanan.

“Yang paling mendominasi di IPEMI Medan memang pengusaha makanan. Sehingga kita lebih memfokuskan diri terhadap pengembangan produk mereka dan menyempurnakan kualitas produk yang dihasilkan. Baik dari sisi hygienitasnya, packaging, rasa, serta mewaspadai penggunaan bahan-bahan berbahaya bagi makanan,” kata Dessy.

Dengan upaya tersebut, lanjut Dessy, diharapkan produk-produk yang dihasilkan akan memenuhi standarisasi makanan layak santap, layak jual, terjangkau dan bergizi.

“Saat ini, kami di IPEMI Medan banyak yang merupakan pengusaha pemula serta berusia muda pula. Bisnisnya masih setengah jalan dan belum memiliki banyak jaringan. Maka tugas kami di IPEMI Medan untuk membantu dan men-support agar mereka dapat berdiri sepenuhnya sebagai pengusaha yang berhasil,” kata Dessy.

Selain itu, menurut Dessy, saat ini IPEMI Medan juga tengah mempersiapkan para anggota UKM-nya untuk melengkapi seluruh kelengkapan usaha, seperti izin usaha, label halal, izin Depkes dan BPOM. Terlebih menyambut beberapa kegiatan besar di bidang ukm yang akan mereka ikuti dalam waktu dekat dan juga gelar perayaan satu tahun IPEMI Medan.

“Semuanya masih dalam proses penyelesaian. Semoga tidak menemui kendala yang berarti,” harap Dessy.
Untuk meningkatkan hasil penjualan para anggotanya, Divisi UKM IPEMI Medan saat ini memiliki beberapa program yang sudah sukses dijalankan.

Yakni program Friday Promo, di mana pada setiap hari Jum’at seluruh anggota IPEMI, khususnya yang bergabung dalam DIVISI UKM untuk saling mempromosikan produk teman-temannya di berbagai media sosial yang mereka miliki, seperti IG, facebook dan sebagainya.

“Program Friday Promo ini telah terbukti cukup efisien dalam mendongkrak penjualan produk-produk UKM miliki para anggota IPEMI Medan. Karena masing-masing dari kita memiliki teman-teman dan networking yang berbeda-beda. Dengan cara itu, jadinya info tentang produk tersebar luas dan memiliki peluang menjangkau pembeli yang lebih luas,” kata Dessy.

Selain membuka kesempatan bagi para anggota ukm untuk berpartisipasi dalam berbagai kegiatan bazaar dan event, IPEMI Medan juga kerap memfasilitasi anggotanya untuk mengikuti pelatihan di bidang kuliner. Baik yang digelar oleh IPEMI Medan langsung, maupun bekerjasama dengan berbagai organisasi dan perusahaan.
Menurut Ketua IPEMI Medan, Sri Wahyuni, SH, semua kegiatan tersebut diharapkan dapat semakin membesarkan usaha para anggota, serta menjaring anggota-anggota baru untuk organisasi tersebut.

“Apapun yang ingin dilakukan oleh para anggota ukm IPEMI Medan demi meningkatkan usahanya, akan selalu kita dukung penuh. Tidak hanya secara lisan, namun materi dan tenaga, semua kita curahkan demi membesarkan IPEMI Medan,” tegas Sri Wahyuni.

Related Posts

LEAVE A COMMENT

Make sure you enter the(*) required information where indicated. HTML code is not allowed

Theme Settings

Please implement Expnews_Options_menu_location_multi_select::getCpanelHtml()

Please implement Expnews_Options_multi_select::getCpanelHtml()