PUI Karsinoma Nasofaring USU dan INDOCAFÉ FOUNDATION akan Gelar Konferensi Internasional KNF

Medan – Setelah sukses menggelar 1stNational Conference of Nasopharyngeal Carcinoma yang berlangsung selama tiga hari di Toba Beach Hotel Pulau Samosir, 18-20 Oktober 2018 lalu, Pusat Unggulan Iptek Karsinoma Nasofaring Universitas Sumatera Utara (PUI KNF USU) dan INDOCAFÉ FOUNDATION akan menggelar acara lanjutan yang lebih luas jangkauan dan skala kegiatannya.

Pada tanggal 6-7 Desember 2018 mendatang, PUI KNF USU akan melaksanakan The 1st International Conference of Nasopharyngeal Carcinoma dengan tema Healthier and Happier Life with Better Understanding of Nasopharyngeal Carcinoma, bertempat di Auditorium USU dan Grand Mercure Hotel Medan, yang didukung sepenuhnya oleh INDOCAFÉ FOUNDATION.

Karsinoma Nasofaring (KNF) adalah jenis kanker yang tumbuh di rongga belakang hidung dan belakang langit-langit rongga mulut. Pada saat ini KNF makin banyak dijumpai di tengah masyarakat Indonesia. Hal ini makin diperparah dengan masyarakat yang tidak mempunyai pengetahuan tentang gejala dini dari penyakit ini.

Kebanyakan pasien KNF datang dalam keadaan stadium lanjut dan hal ini membuat pengobatan penyakit ini menjadi lebih sulit dibandingkan dengan yang datang berobat dalam stadium dini. Pengobatan pasien KNF memerlukan penanganan yang multidisiplin dan memerlukan biaya yang sangat mahal dalam hal radioterapi dan kemoterapi.

Maksud dan tujuan dari kegiatan ini adalah untuk memberikan kesempatan dan wadah kepada peneliti, ilmuwan, mahasiswa dan praktisi medis untuk menyajikan dan berbagi inovasi terbaru, dan juga untuk berdiskusi, berbagi, bertukar pikiran dan memperluas pengetahuan, pandangan, dan kemajuan terbaru dalam penelitian karsinoma nasofaring.
Sasaran kegiatan ini adalah dokter yang mendalami bidang onkologi bedah kepala dan leher dari manca negara dan berbagai institusi yang ada di Indonesia, peneliti,ilmuwan, mahasiswa dan praktisi medis baik dari akademisi maupun praktisi.

Kepada wartawan, Ketua Panitia The1stInternational Conference of Nasopharyngeal Carcinoma, Dr. dr. Farhat, M.Ked(ORL-HNS), Sp.T.H.T.K.L(K), menyampaikan bahwa konferensi pada hari pertama akan dihadiri oleh 1500 peserta dari kalangan mahasiswa baik dari USU maupun institusi pendidikan swasta lainnya yang ada di Sumatera Utara.

Pada hari kedua akan diadakan konferensi ilmiah yang khusus dihadiri oleh 300 pakar yang mendalami onkologi khususnya Karsinoma Nasofaring baik dari dalam maupun luar negeri. Konferensi direncanakan akan dibuka oleh Rektor USU, Prof. Dr. Runtung Sitepu, SH, M.Hum dan juga mengundang Gubernur Sumatera Utara Letnan Jenderal TNI (Purn) H. Edy Rahmayadi dan Walikota Medan Drs. H.T. Dzulmi Eldin S, M.Si.

“Hal ini penting mengingat semakin mendesaknya kebutuhan untuk aksi tindak lanjut, baik dari sisi pencegahan maupun pengobatan terhadap penyakit Karsinoma Nasofaring. Para ahli harus bersepakat dalam menentukan tindakan apa yang perlu dilakukan segera guna menekan tingkat penderita kanker ini dan mengenali gejala-gejala awalnya dengan baik,” ujar Dr. Farhat.

Konferensi internasional tentang KNF ini, selain membahas bidang keilmuan juga akan merumuskan kerja sama jangka panjang antara peserta konferensi yang berasal dari berbagai institusi di dalam dan luar negeri dengan PUI KNF dan INDOCAFÉ FOUNDATION. Selain itu juga akan direncanakan pembuatan publikasi jurnal ilmiah yang fokus terhadap KNF dengan nama International Journal of Nasopharyngeal Carcinoma yang rilis perdananya dijadwalkan pada Februari 2019.

Dia menambahkan kampanye dan edukasi oleh PUI KNF USU dan INDOCAFÉ FOUNDATION untuk meningkatkan kesadaran terhadap bahaya penyakit karsinoma nasofaring ini harus dioptimalkan. Begitu pula pola penanganannya yang perlu dicarikan solusi tercepat untuk tindakan sedini mungkin, sehingga dapat diminimalisir tingkat penderitanya, baik di Indonesia maupun di berbagai negara lainnya.

“Diharapkan dengan tema acara ini bilamana para praktisi kesehatan mempunyai pemahaman yang dalam tentang KNF maka para penderita penyakit ini akan dapat memiliki hidup yang lebih sehat dan bermakna,” tandas Dr. Farhat

Related Posts

LEAVE A COMMENT

Make sure you enter the(*) required information where indicated. HTML code is not allowed

Theme Settings

Please implement Expnews_Options_menu_location_multi_select::getCpanelHtml()

Please implement Expnews_Options_multi_select::getCpanelHtml()