Konsul Jepang di Medan Rayakan HUT ke-85 Kaisar

Medan – Konsulat Jenderal Jepang di Medan memperingati Hari Ulang Tahun Kaisar Jepang, Akihito yang ke-85 di Mahogani Grand Ballroom, Hotel Grand Aston Medan, Selasa (4/12) malam. Tampak di depan panggung utama foto Kaisar Jepang Akihito dan Permaisuri Michiko, menghadap para tamu kenegaraan.

Awal acara, undangan tamu disuguhkan alunan lagu kebangsaan Indonesia Raya. Setelah itu, tidak berapa lama tamu undangan juga mendengarkan alunan lembut lagu Kebangsaan Jepang, Kimigayo.

Tampak beberapa pejabat penting di Sumut mulai dari masalah Gubernur Sumut Ibnu Hutomo, Wali Kota Medan Drs HT Dzulmi Eldin M.Si, Kapoldasu diwakili Kasubbid Penmas Poldasu, AKBP MP Nainggolan.

Konjen Jepang Medan, Masamu Yamamori, yang menjelaskan tentang penggalian HUT Kaisar Akihito yang ke-85, tanggal 23 Desember 2018 mendatang. Momen ini adalah masa 30 tahun era kekaisaran sejak naik tahta pada 7 Januari 1988 silam.

“Baginda Kaisar akan turun tahta pada 30 April 2019. Pada 1 Mei 2019, Putera Mahkota Naruhito akan dilantik jadi Kaisar,” jelasnya.

Ditambahkan, resepsi HUT Kaisar Jepang ini, menjadi penanda langgengnya hubungan Jepang-Indonesia, dimana tahun ini adalah peringatan 60 tahun hubungan diplomatik kedua negara. Peringatan ini dilakukan sepanjang tahun dengan beraneka acara, mulai dari Jepang Week yang menampilkan tamu istimewa dari Jepang, Kanji Cup yang diikuti ratusan pelajar dan mahasiswa dari berbagai provinsi di Indonesia.

Hingga Festival Yosakoi Surabaya yang didukung duta pertandingan 60 tahun, Shohei Matsunaga.

“Resepsi HUT ini juga jadi penanda hubungan Jepang dan Jetim, di mana jumiah pembelajar Bahasa Jepang di Jatim lebih dari 90 ribu orang. Tak hanya itu, orang Jepang yang tinggal di Jatim lebih dari 800 orang,” tukasnya. (jo)

Related Posts

LEAVE A COMMENT

Make sure you enter the(*) required information where indicated. HTML code is not allowed

Theme Settings

Please implement Expnews_Options_menu_location_multi_select::getCpanelHtml()

Please implement Expnews_Options_multi_select::getCpanelHtml()