IPEMI Medan Ingin Membesarkan Ekonomi Muslimah

TransBisnis.Com – Medan | PD Ikatan Pengusaha Muslimah Indonesia (IPEMI) Medan menepati komitmen dan janji yang diberikan di awal pelantikannya, yakni merangkul, membina dan membesarkan para pengusaha UKM Kota Medan.

Hal itu tercermin dari banyaknya event pelatihan, bazaar dan talk show yang diikuti oleh para anggota IPEMI Medan. Kegiatan yang dilakoni tersebut bertujuan untuk semakin memperkuat jaringan (networking) dengan berbagai pihak yang memiliki peran dan fungsi strategis di dalam pembinaan UKM.

Salah satunya adalah melalui kegiatan Talk Show dan Cooking Class bertajuk “Berani Untuk Menjadi Wirausaha”, yang digelar di Main atrium Sun Plaza, Selasa (6/11), di mana Ketua PD IPEMI Medan, Sri Wahyuni, SH, tampil sebagai pembicara utama.

Kegiatan ini dimaksudkan untuk memotivasi kalangan perempuan muslimah untuk berani merintis dan membangun jati diri sebagai seorang wirausahawati.

Dalam kesempatan tersebut, Ketua PD IPEMI Medan didampingi oleh Wakil Ketua I Ariza Safiah dan Wakil Ketua III Vani Sitepu serta dihadiri oleh para anggota PD IPEMI Medan lainnya.

Menurut Sri Wahyuni, upaya yang dilakukannya dengan kapasitas yang dimiliki selaku Ketua IPEMI bersama-sama para pengurus inti lainnya adalah memberikan bimbingan dan pendampingan terhadap para pengusaha UKM dalam mengembangkan kualitas produk dan perluasan pemasaran hasil produksi. Antara lain dengan melibatkan para pengusaha UKM yang menjadi anggota IPEMI Medan dalam berbagai kegiatan pameran bazaar, workshop atau pelatihan-pelatihan khusus hingga sampai tingkat pengurusan ijin usaha yang dimiliki.

“Segala yang kami lakukan merupakan wujud komitmen kami selaku pengurus IPEMI Medan kepada para anggota. Saya berharap akan semakin banyak ukm muslimah yang bergabung sehingga dapat memperkuat organisasi serta memperluas networking dan sinergi dengan berbagai pihak untuk membesarkan para pengusaha ukm tersebut. IPEMI merupakan organisasi yang terbuka untuk siapapun muslimah yang ingin bergabung dan bersilaturahmi,” imbuh Sri Wahyuni.

Ditambahkannya, talk show, cooking class serta perlombaan lain yang digelar tak lain untuk mempererat tali silahturami ke semua kalangan, yang tidak hanya terbatas pada pengurus ipemi saja.

Sebelumnya, IPEMI Medan juga pernah diundang untuk mengisi acara di event etnic fashion market yang diadakan di Sun Plaza beberapa waktu lalu, serta mengisi beberapa event bazaar lainnya.

Pada bagian lain, Vani Sitepu selaku Wakil Ketua IPEMI Medan, mengatakan bahwa seluruh unsur kepengurusan bersatu padu dalam menjalankan visi dan misi IPEMI. Mengingat bahwa segala kegiatan yang dilakukan IPEMI Medan dan diinisiasi oleh Ketua IPEMI Medan merupakan kegiatan yang bermanfaat dan mendukung kemandirian ekonomi umat Islam.

“Kami semua yang berada dalam kepengurusan IPEMI Medan selalu mendukung setiap kegiatan baik yang diinisiasi oleh Ibu Ketua maupun yang bersinergi dengan organisasi lainnya. Mengingat bahwa apapun yang dilakukan dalam organisasi ini niatnya semata karena Allah SWT, serta membesarkan ekonomi muslimah. Para pengusaha ukm yang bergabung di IPEMI Medan banyak mendapatkan pelatihan khusus dan masukan positif yang bersifat membangun, baik dalam hal bisnis maupun karakter dan ibadah,” tambah Vani.

Vani menambahkan bahwa beberapa anggota IPEMI Medan banyak yang berani melepas statusnya sebagai pegawai di sebuah perusahaan BUMN yang telah digeluti bertahun-tahun,semata untuk merintis sebagai wirausaha kuliner.

Salah satunya adalah Sri Ayu Ningsih yang saat ini tengah gencar membranding produk rumahannya yang berpusat pada usaha kuliner, yakni Chichi_dapur bundaameqaafi. Selain Ayu, masih banyak pengusaha ukm lainnya yang berlatarbelakang sebelumnya sebagai wanita karir.

BACA:
-Lagi Ngetrend ! Remaja Teler Minum Air Rebusan Pembalut Wanita
Poldasu: Kasus Rebusan Pembalut Wanita Belum Ditemukan di Sumut

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *