Suap di DPRDSU, Tersangka Sopar Siburian Kembalikan Uang Korupsinya ke KPK

TransBisnis.Com – Jakarta | Akhirnya, tersangka kasus suap di Dewan Perwakilan Daerah Sumatera Utara, Sopar Siburian telah mengembalikan uang sebesar Rp 202.500.000 kepada penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Juru bicara KPK, Febri Diansyah mengatakan, pengembalian itu sekaligus menambah jumlah uang yang sudah diterima dari beberapa anggota DPRD Sumut dalam penyidikan.

“Total pengembalian uang sebesar Rp 7.656.500.000 dari sejumlah anggota DPRD Prov. Sumut. Uang tersebut disita dalam proses penyidikan dan akan masuk sebagai bagian dari proses pembuktian di persidangan,” kata Febri, Senin (5/11).

Febri menambahkan, pengembalian uang dan sikap kooperatif tentu akan pertimbangkan sebagai faktor yang meringankan. “Meskipun, pengembalian tidak menghapus dipidananya seseorang,” ujarnya.

Sebelumnya, Sopar Siburian (SSN) telah mengajukan diri sebagai Justice Collaborator pada Penyidik. Pengajuan sedang dalam proses pertimbangan.

“Pada dasaranya KPK menghargai pengajuan tersebut, karena yang bersangkutan selama proses hukum ini cukup kooperatif dan telah mengembalikan uang yang diduga pernah ia terima,” tambah Febri.

Related Posts

LEAVE A COMMENT

Make sure you enter the(*) required information where indicated. HTML code is not allowed

Theme Settings

Please implement Expnews_Options_menu_location_multi_select::getCpanelHtml()

Please implement Expnews_Options_multi_select::getCpanelHtml()