Pegelaran Seni Budaya INTI Sumut Pukau Pengunjung

TransBisnis.Com Medan – Perhimpunan Indonesia Tionghoa (INTI) Sumatera Utara menggelar pertunjukan seni dan budaya di Hee Lai Ton Restaurant, Medan. Acara itu berhasil memukau pengunjung yang hadir dari banyak kalangan.

Tampak hadir di sana, anggota DPD RI Parlin Purba, Wakil Ketua INTI Pusat dr Indra Wahidin, Konsul Tiongkok Mrs Zhang Hong, anggota DPRD Sumut Brilian Moktar, pengurus Perempuan INTI Sumut Nurni Anggsanah dan lainnya.

Ketua Perhimpunan Indonesia Tionghoa (INTI) Sumatera Utara, Anwar Susanto didampingi Sekretaris Tomi Wistan mengucapkan terima kasih atas atensi seluruh tamu dan undangan yang hadir dalam kesempatan itu. Secara khusus, ia juga mengapresiasi kedatangan rombongan dari Chinese Overseas Federation (COF) Provinsi Fujian, China.

“Kami sengaja undang agar mereka dapat lebih memahami keadaan Tionghua di Indonesia, khususnya Sumatera Utara yang memiliki ratusan organisasi Tionghoa. Umumnya senior yang memimpin organisasi karena lebih memahami semangat budaya Tionghoa dan mereka telah memberikan banyak sumbangsih,” ucap Anwar.

Ia menambahkan, INTI berharap kegiatan pertunjukan seni dan budaya itu bisa melekat di kalangan anak-anak muda. “Anak muda sekarang kurang tertarik dengan budaya Tionghoa. Maka, kami berharap pula rombongan dari Tiongkok yang hadir bisa mengundang pemuda-pemudi kami di sini untuk berangkat ke Tiongkok mempelajari budaya di sana,” imbuhya.

Sekretaris INTI Sumut Tomi Wistan menambahkan, kemarin Indonesia baru saja memperingati Hari Sumpah Pemuda. Maka, lewat acara ini, kami mengajak anak-anak muda Indonesia mencintai, merawat dan melestarikan budaya dalam negeri yang jumlahnya mencapai ribuan. “Budaya Tionghoa merupakan salah satu dari ribuan budaya Indonesia, memperkaya khazanah budaya bangsa,” katanya.

Acara seni dan budaya itu mempertontonkan kesenian dan tradisi Tionghoa, seperti guzheng (kecapi Tiongkok), paduan suara lagu Mandarin, serta tarian dan nyanyian. Tak hanya itu, mereka juga menampilkan tarian bjdaya Melayu serta lagu Batak yang menghiasi kesemarakan pertunjukan. (jo)

Related Posts

LEAVE A COMMENT

Make sure you enter the(*) required information where indicated. HTML code is not allowed

Theme Settings

Please implement Expnews_Options_menu_location_multi_select::getCpanelHtml()

Please implement Expnews_Options_multi_select::getCpanelHtml()