Kumpulkan Caleg, PSMTI Terkesan Ikutan Berpolitik

TransBisnis.Com – Medan | Belum lama ini, Paguyuban Sosial Marga Tionghoa Indonesia (PSMTI) Kota menggelar temu-ramah dengan para calon anggota legislatif (caleg) etnis Tionghoa dari lintas partai. Kalangan internal menyayangkan kegiatan itu, karena dianggap telah masuk ke dalam wilayah politik.

“Kami sangat menyayangkan kegiatan semacam itu dilakukan. PSMTI murni ormas sosial. Bukan partai politik dan tidak berafiliasi ke partai politik. Kenapa pula PSMTI mengundang caleg untuk paparkan visi misi? Ini jelas sudah masuk wilayah politik,” ucap seorang kader yang tidak ingin disebutkan namanya.

Seperti diberitakan, PSMTI Kota Medan menggelar pertemuan dengan caleg lintas partai pada Minggu (21/10) di Terminal PSMTI Medan Kompleks Asia Mega Mas. Temu ramah untuk mendengar visi dan misi, sekaligus memperkenalkan diri dan melihat rekam jejak tersebut puluhan caleg Tionghoa dari sejumlah partai politik.

Ia melanjutkan, jika satu dua orang datang berkunjung, tentu tidak ada masalah. “Kalau sudah mengumpulkan, berarti memfasilitasi. Apa kepentingan PSMTI mengumpulkan (caleg) itu?” kata dia.

Sementara, berdasarkan informasi di internal PSMTI Medan, tidak semua caleg Tionghoa diundang dalam pertemuan itu. Seorang caleg yang tidak ingin disebut identitasnya mengaku tidak mendapatkan undangan.

“Saya pun kecewa dengan PSMTI Medan, padahal saya juga Tionghoa yang maju menjadi caleg,” ucapnya.

Sebelumnya, di acara itu, Ketua PSMTI Kota Medan D Ngatimin SH mengatakan pihaknya memfasilitasi kegiatan ini sebagai implementasi visi dan misi PSMTI yang kedua, yakni “Peran Serta Etnis Tionghoa di Bidang Pemerintahan untuk Ikut Secara Aktif dalam Arus Besar Membangun Negara Kesatuan Republik Indonesia.”

Namun Djono menegaskan PSMTI tidak berpolitik praktis dan berafiliasi kepada partai tertentu, tapi sebagai pribadi mempunyai hak memilih dan dipilih.

Di dalam visi misi PSMTI, katanya kita harus ikut serta dalam arus besar pembangunan Indonesia. Sebab etnis Tionghoa merupakan salah satu bagian dari Indonesia yang harus melakukan kerja nyata dan karya nyata.

Ketua Dewan Penasihat PSMTI Medan, Halim Loe SE berpesan agar seluruh kader PSMTI untuk mendukung seluruh caleg etnis Tionghoa terutama kader PSMTI yang maju sebagai caleg baik DPRD Sumut dan Medan.

“Mereka yang datang patut kita dukung. Kedatangan mereka merupakan suatu penghargaan bagi kita PSMTI,” ujar Halim Loe. (jo)

Related Posts

LEAVE A COMMENT

Make sure you enter the(*) required information where indicated. HTML code is not allowed

Theme Settings

Please implement Expnews_Options_menu_location_multi_select::getCpanelHtml()

Please implement Expnews_Options_multi_select::getCpanelHtml()