17 TKI Ilegal Dijaring Lanal Tanjungbalai

TransBisnis.Com – Tanjungbalai | Pangakalan TNI AL (Lanal) Tanjungbalai Asahan (TBA) amankan Kapal Motor (KM) Kasih Ilahi di perairan Kuala Bagan yang mengangkut puluah Tenaga Kerja Indonesia (TKI) ilegal yang pulang bekerja dari Malaysia, Senin malam (22/10) sekitar pukul 20.00 WIB.

Hal itu dikatakan Danlanal TBA Letkol Laut (P) Ropitno, M.Tr Hanla didampingi Pasopa Kapten Laut (P) Bentar dan Pasi Intel Kapten Laut (E) Samsul, saat dikonfirmasi, ” pihaknya melalui Tim F1QR baru saja mengamankan kapal di perairan Kuala Bagan Asahan pada koordinat 03° 07.340’ U-99° 52.510’ T, ” mereka mengakut 17 orang diduga TKI ilegal yang akan diselundupkan ke Malaysia, sementara tiga orang ABK tidak mampu memperlihatkan dokumen-dokumen termasuk dokumen perjalannya.

“14 orang pria, 3 orang perempuan dan tiga ABK kesemuanya tidak mengantongi izin perjalanan dari pihak terkait,” jelas Ropitno.

Dijelaskan kembali, penangkapan terhadap kapal itu berawal dari kecurigaan Tim F1QR atas aktivitas kapan yang bertuliskan ‘Kasih Ilahi ‘ itu, karena curiga oleh anggota kapal patrolinya dirapatkan dan saat dilakukan pemeriksaan ternyata mengakut puluhan orang yang diduga baru kembali bekerja di Malaysia.

Setelah dilakukan pendataan serta pemeriksaan terhadap barang bawaan penumpang gelap itu, 17 penumpang yang diduga sebagai TKI ilegal itu diserahkan pihak imigrasi untuk urusan selanjutnya.

Sementara, Kapten Kapan beserta dua orang Anak Buah Kapal (ABK) saat ini masih menjalani pemeriksaan.

Related Posts

LEAVE A COMMENT

Make sure you enter the(*) required information where indicated. HTML code is not allowed

Theme Settings

Please implement Expnews_Options_menu_location_multi_select::getCpanelHtml()

Please implement Expnews_Options_multi_select::getCpanelHtml()