Lilin Penyebab Kebakaran di Mangkubumi, Raju Diamankan Polisi

TransBisnis.Com – Medan | Kebakaran yang menghanguskan 22 unit rumah warga di Mangkubumi diduga berasal dari api lilin yang jatuh ke tilam milik salah seorang warga. Ini disampaikan Kapolsek Medan Kota Kompol Revi Nurvelani.

Revi mengatakan sebelum kebakaran terjadi, Raju, sang pemilik rumah diketahui menyalakan lilin di rumahnya karena merasa gelap. Lilin itu pun diletakkannya di loteng rumah yang tidak jauh dari tilam tempat tidurnya.

“Lalu yang bersangkutan pun turun dan masuk ke kamar mandi. Selesai dari kamar mandi ia sudah melihat api membesar diatas loteng rumahnya,” ungkap Revi kepada wartawan, Kamis (11/10/2018).

Selanjutnya kata Revi, salah seorang warga menuding jika Raju sengaja membakar rumahnya, dan mencoba untuk memukul Raju. Merasa ketakutan, Raju pun lantas melarikan diri dengan cara melompat ke Sungai Deli.

“Atas kejadian tersebut terduga diamankan di Mako Polsek Medan Kota untuk dilakukan pemeriksa lebih lanjut,” pungkasnya.

Sebelumnya, Manager Pudalops Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Medan M Yunus menyampaikan akibat kebakar itu, sebanyak 22 rumah yang terdiri dari 24 Kepala Keluarga (KK) di Lingkungan 5 Jalam Mangkubumi hangus terbakar. Persentase bangunan yang terbakar rata-rata ditaksir mencapai 60% sampai 90%.

Yunus menyebutkan, kebakaran tersebut mulai terjadi sekitar pukul 20.45 WIB. Sementara api sendiri baru berhasil dijinakkan oleh petugas Damkar sekitar pukul 23.30 WIB.

Sulitnya lokasi serta padatnya penduduk sempat membuat petugas kesulitan dalam memadamkan api. Beruntung, dalam peristiwa ini, tidak sampai menyebabkan korban jiwa ataupun luka.

Sementara itu, pasca kebakaran, Pemerintah Kota Medan melalui BPBD Kota Medan menyerahkan bantuan langsung kepada keluarga korban berupa bantuan logistik diantaranya Semen, Handuk, Perlengkapan tidur, Lauk Pauk, laket rekreasi, paket sandang, peralatan dapur keluarga dan lainnya.

Pemberian bantuan dilaksanakan di Aula Kantor Lurah Aur, yang turut dihadiri Wakil Walikota Medan Akhyar Nasution, Kalaksa BPBD Medan, Arjuna Sembiring, Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Medan, Manager Pusdalops BPBD Kota Medan, Camat Medan Maimun beserta Staf, Lurah Aur beserta kepling setempat.

Related Posts

LEAVE A COMMENT

Make sure you enter the(*) required information where indicated. HTML code is not allowed

Theme Settings

Please implement Expnews_Options_menu_location_multi_select::getCpanelHtml()

Please implement Expnews_Options_multi_select::getCpanelHtml()