Jokowi Hadiri THK Forum on Sustainable Development 2018

Jokowi: Indonesia Dapat Mengajarkan Dunia Bagaimana Menjadi Bahagia

TransBisnis.ComBali | Dalam sambutan khususnya pada acara Tri Hita Karana (THK) Forum on Sustainable Development 2018, Presiden Joko Widodo mengatakan bahwa Indonesia bisa menjadi contoh yang baik bagi dunia dalam hal menjadi bahagia.

“Kita mungkin bukan yang paling kaya, kita mungkin bukan bangsa yang paling maju, namun kita adalah salah satu bangsa yang paling bahagia di dunia,” ucap Presiden Joko Widodo di hadapan lebih dari 400 peserta Forum THK yang berasal dari seluruh dunia.

Mengacu kepada riset di tahun 2018, Presiden Joko Widodo mengatakan bahwa Bangsa Indonesia adalah bangsa yang paling optimis dan menempati urutan kedelapan bangsa terbahagia di dunia.

Presiden Joko Widodo mengajak para peserta untuk berpikir lebih dari sekedar hal-hal material serta berbagai tekanan kehidupan di dunia modern, namun fokus kepada hal-hal sederhana.

“Kita harus ingat untuk selalu bertanya dari waktu ke waktu, apakah kita bahagia?”

Pesan yang disampaikan oleh presiden diterima dengan baik oleh para tamu pada forum. Dinamai dari filosofi Bali, Tri Hita Karana, atau “Tiga Cara Menuju Kebahagiaan” melalui harmoni dengan sesama manusia, alam dan spiritual, forum tahun ini mencanangkan tema “Blended Finance and Innovation fro Better Business and a Better World”

Presiden Joko Widodo berterima kasih kepada seluruh partisipan di THK Forum untuk hasil-hasil inovatif dan terobosan baru yang dihadirkan untuk mendanai Sustainable Development Goals (SDG) dengan menyampaikan bahwa “blended finance akan membantu mengurani penderitaan, kemiskinan dan ketidakpedulian.”

Selama dua hari THK Forum berlangsung, lebih dari 30 proyek, investasi dan inisiatif telah diluncurkan. Diperkirakan bahwa THK Forum sendiri dapat mengerahkan 10 miliar dollar untuk Indonesia dan Sustainable Development Goals dari Perserikatan Bangsa-Bangsa.

Salah satu inisiatif yang diluncurkan dari forum selama dua hari ini adalah SDG Indonesia One blended fund yang dipimpin oleh Kementrian Keuangan dan PT SMI (institusi infrastruktur finansial Indonesia). Platform ini telah mencapai 2,34 miliar dollar dengan target 4 miliar dollar yang akan diinvestasikan untuk menghadirkan infrastruktur hijau dalam skala besar untuk Indonesia.

Pengumuman inisiatif lain yang menjadi sorotan termasuk komitmen Starbucks Indonesia untuk “bebas plastik” pada tahun 2020 dan kampanye The Billion Dollar Fund for Women dengan nilai komitmen hamper mencapai 500 juta dollar yang akan berinvestasi pada wanita wirausaha di berbagai bidang seperti pangan dan agraria, kemasan produk, AI, blockchain, layanan perangkat lunak perusahaan juga diluncurkan.

Pengumuman penting lainnya pada THK Forum adalah pembukaan Tsinghua University Southeast Asia Centre yang terletak pada United in Diversity Creative Campus di Kura Kura Bali.

Menunjukan jangkauan global dan kepemimpinan Indonesia untuk blended finance terhadap SDG, berbagai rekanan dari sektor swasta dan pemerintah juga memberikan dukungan pada Tri Hita Karana Roadmap for Blended Finance selama sesi sambutan khusus presiden.

Rekanan-rekanan tersebut adalah OECD, Blended Finance Taskforce dan institusi internasional lainnya, Peta jalan ini mengakui Bahasa umum dan aksi kolektif yang dibutuhkan untuk mencapai kebutuhan pendanaan yang mendukung SDG.

Related Posts

LEAVE A COMMENT

Make sure you enter the(*) required information where indicated. HTML code is not allowed

Theme Settings

Please implement Expnews_Options_menu_location_multi_select::getCpanelHtml()

Please implement Expnews_Options_multi_select::getCpanelHtml()