Hadiri Dies Natalies ke-66 USU, Jokowi Ukir Sejarah dan Membawa Energi Baru

TransBisnis.Com – Medan | Presiden Republik Indonesia ke-7, Ir H Joko Widodo, beserta IbuNegara Hj Iriana hadir dalam acara puncak Dies Natalies ke-66 Universitas Sumatera Utara (USU), bertempat di Auditorium USU, Senin (8/10).

Turut hadir dalam rombongan kepresidenan, Menristekdikti RI Prof H Mohamad Nasir, Ak, Ph D dan Sekretaris Kabinet RI, Pramono Anung. Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi serta sejumlah tokoh masyarakat dan pendidikan di Sumatera Utara juga hadir dalam kesempatan tersebut.

Dalam sambutannya, Rektor USU Prof Dr Runtung, SH, M Hum, menyampaikan penuh haru ucapan terima kasih dan selamat datang atas kehadiran Presiden RI ke USU.

Yang mana kehadiran tersebut merupakan sejarah baru bagi USU mengingat sepanjang berdirinya universitas tersebut, baru kali ini Presiden RI hadir dalam perayaaan Dies Natalies.

“Kehadiran Bapak Presiden pada hari ini patut disyukuri dan diharapkan dapat membawa energi baru bagi seluruh civitas akademika untuk membangun USU yang lebih baik lagi ke depannya,” harap Rektor.

Secara ringkas dan padat, Rektor juga menyampaikan beberapa pencapaian yang didapatkan oleh USU, khususnya selama 2,5 tahun masa jabatannya. Rektor mengungkapkan bahwa seluruh kemajuan yang dicapai oleh USU, mulai dari mendapatkan akreditasi A dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) hingga naik peringkat dari 38 ke peringkat 15 dalam jajaran perguruan tinggi terbaik di Indonesia yang dikeluarkan oleh Kemenristek RI, tak lepas dari dukungan berbagai pihak termasuk alumni, pemerintah dan mitra kerja USU lainnya.

Mengawali orasi ilmiahnya, Presiden Ir H Joko Widodo mengatakan bahwa ia sangat senang berkunjung ke USU, mengingat baru kali inilah dalam kunjungannya yang sudah berulangkali ke Sumatera Utara, mendapatkan kesempatan hadir di kampus tersebut. Presiden

juga mengimbau agar para mahasiswa, civitas akademika dan seluruh komponen bangsa bersama-sama mendoakan saudara setanah air yang ada di Palu, Donggala, berbagai daerah di Sulawesi Tengah, Lombok, Nusa Tenggara Timur, Sumba dll, yang baru-baru ini terkena bencana alam gempa dan tsunami, agar lebih kuat dan mampu bangkit kembali menyusun masa depannya.

Dalam kaitan perayaan Dies Natalies ke-66 USU, selain menyampaikan ucapan selamat, Presiden juga mengulirkan beberapa harapan kepada USU sebagai institusi perguruan tinggi.

Menurutnya, Perguruan Tinggi memiliki peran sentral untuk menjawab semua tantangan, menciptakan sumber daya manusia yang andal dan tangguh, karya-karya riset yang unggul dan menjawab tantangan zaman.

“Interaksi dunia yang semakin cepat dimungkinkan oleh teknologi dan ilmu pengetahuan, yang membawa banyak kemajuan. Interaksi yang semakin cepat tersebut tidak hanya membawa kebaikan dengan cepat, bahkan juga keburukan. Di dalam dunia yang serba cepat ini maka kecepatan merupakan kunci untuk memenangkan seluruh kompetisi dan membangun bangsa dan negara. Negara yang cepat akan mengalahkan negara yang lambat,” tandas Jokowi.

Untuk itu ia berharap agar perguruan tinggi, bersama pemerintah dan seluruh komponen membangun ekosistem yang baik serta budaya kerja yang efisien. Terutama menciptakan birokrasi yang sederhana dan tidak bertele-tele.

Menutup prosesi acara, Rektor USU menyelempangkan ulos kepada Presiden RI beserta Ibu Negara RI, dan melakukan foto bersama seluruh anggota Dewan Guru Besar serta jajaran pimpinan universitas lainnya.

Perayaan acara puncak Dies Natalies ke-66 USU yang berlangsung dari pagi hingga siang hari tersebut tersebut dipenuhi oleh para mahasiswa USU, yang terlihat antusias menyambut kedatangan Presiden Jokowi, meskipun banyak di antaranya yang tidak dapat memasuki gedung auditorium karena kapasitas tempat duduk yang terbatas.

Namun mereka cukup terhibur karena Presiden Jokowi berkenan menghampiri para mahasiswa dan menyempatkan diri untuk berswafoto dengan mereka, baik saat baru tiba di lokasi maupun ketika akan meninggalkan USU.

Presiden Jokowi bahkan sempat membuat petugas Paspamres (Pasukan Pengamanan Presiden) kelabakan karena tiba-tiba memutuskan untuk mendatangi para mahasiswa yang berada di balkon dan menyapa serta menyalami mereka.

Related Posts

LEAVE A COMMENT

Make sure you enter the(*) required information where indicated. HTML code is not allowed

Theme Settings

Please implement Expnews_Options_menu_location_multi_select::getCpanelHtml()

Please implement Expnews_Options_multi_select::getCpanelHtml()