Dubes Tiongkok Kagumi Pesona Danau Toba

Berita Samosir – Duta Besar Tiongkok untuk Indonesia, Xiao Qian (肖千), menyatakan kekagumannya atas keindahan Danau Toba. Ia berharap banyak wisatawan dari Tiongkok yang datang berkunjung ke lokasi wisata yang masuk dalam tujuh keajaiban dunia ini.

Hal itu disampaikan Xiao Qian saat berkunjung ke Danau Toba, baru-baru ini. Ia didampingi Direktur Pemasaran Badan Otorita Danau Toba (BODT), Basar Simanjuntak dan Wakil Ketua ASITA Sumut, Adil Anwar (Atek). Kedatangan mereka disambut Bupati Samosir, Rapidin Simbolon.

Qiao Xian menyatakan akan membantu mempromosikan Danau Toba ke negaranya. “Kami akan promosikan, ini pemandangan yang sangat bagus sekali,” ucap Xiao Qian.

Ia mengatakan, lebih kurang 2 juta wisatawan Tiongkok berkunjung ke Indonesia. 1,3 juta di antaranya berwisata ke Bali. Sementara sisanya memilih destinasi di daerah lain, seperti Lombok, Jakarta dan lainnya. “Ke Sumatera Utara, khususnya di Danau Toba masih minim,” ucapnya.

Di tempat yang sama, Basar Simanjuntak didampingi Adil Anwar (Atek) mengatakan, minimnya turis dari Tiongkok ke Danau Toba dikarenakan tidak adanya Direct Flight (penerbangan langsung) Medan-Tiongkok. “Kalau ada (direct flight) Medan-Cheng Du, Medan-Guang Zhou atau Medan-Xian Men, pasti terdongkrak (jumlah wisatawan),” ucap Basar.

Dalam kunjungannya, Xiao Qian sempat dijamun makan siang oleh Bupati Samosir Rapidin Simbolon.

Rapidin menyampaikan apresiasi sebesar-besarnya kepada Xiao Qian yang memilih Danau Toba, khususnya Samosir sebagai lokasi berlibur.

“Semoga kita semua diberikan umur yang panjang dan rezeki supaya kita dapat memajukan kawasan Danau Toba Samosir sebagai objek wisata internasional,” kata Rapidin.

Duta Besar Tiongkok Xiao Qian sebelumnya tiba di Bandara Silangit bersama Duta Besar Amerika Serikat Joseph Donovan bersama istri Mei Chou Donovan disambut Bupati Tapanuli Utara Nikson Nababan, Dirut BODT Arie Prasetyo dan Wakil Ketua ASITA Sumut Adil Anwar.

Related Posts

LEAVE A COMMENT

Make sure you enter the(*) required information where indicated. HTML code is not allowed

Theme Settings

Please implement Expnews_Options_menu_location_multi_select::getCpanelHtml()

Please implement Expnews_Options_multi_select::getCpanelHtml()