Bupati Soekirman Sambut Baik Kunjungan Magister Ilmu Pangan USU Sosialiasi ke Sergai

Berita Sergai – Magister Ilmu Pangan USU mengenalkan keberadaan Program Studi Magister Ilmu Pangan ke Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai, yang diterima oleh Bupati Serdang Bedagai, Ir H Soekirman bertempat di Ruang Rapat Kantor Bupati di Sei Rampah.

Dalam kesempatan itu, Bupati didampingi oleh Asisten Ekonomi Pembangunan dan Sosial Ir H Kaharuddin, Kadis Pertanian Radianto Panjis, SP, MMA, Kadis Ketahanan Pangan Ir M Aliuddin, SP, MP, Sekretaris Badan Kepegawaian Daerah Rudianto Siagian dan Sekretaris Dinas Pendidikan Kabupaten Sergai Drs Suriadi.

Sosialiasi Magister Ilmu Pangan ini dilakukan oleh Kepala Prodi Magister Ilmu Pangan, Dr Ir Hotnida Sinaga, M Phil, Connie Simbolon, salah seorang alumni Magister Ilmu Pangan dan para mahasiswa yang masih aktif (Aprilia Simamora, Fathia Rahmadini, Edy Syahputra, Dessy Wiriany, Fahry Manurung, Candra Sigalingging dan Kristina Sipayung).

Dalam kunjungan ke Sergai, Kepala Prodi, Dr Ir Hotnida Sinaga, M Phil, menyampaikan tujuan program studi dan profil prodi. Juga disampaikan tentang status Prodi Magister Ilmu Pangan USU yang telah memperoleh akreditasi B dari BAN-PT, pengabdian masyarakat, serta memiliki MoU dengan salah satu universitas di Thailand, Srinakharinwirot University, sebagai salah satu bentuk kerjasama dari Prodi Magister Ilmu Pangan bersama dengan pihak luar.

Pada kesempatan tersebut, Kadis Ketahanan Pangan Sergai, M Aliuddin, Sp, MP, menyampaikan salah satu masalah pangan yang paling banyak ditemukan di Sergai seperti makanan jajanan siswa SD di Sergai yang telah diuji dan ditemukan mengandung bahan yang berbahaya bagi kesehatan anak, kelangkaan pakan untuk ternak sapi hasil dari inseminasi buatan, dll.

Ia juga menyampaikan harapan Pemkab Sergai agar pihak akademis dapat melakukan penelitian ataupun pengabdian masyarakat terkait permasalahan tersebut.

Sementara itu, Bupati Sergai Ir H Soekirman mengharapkan agar perguruan tinggi dapat mengeluarkan Standarisasi Sanitasi Dapur untuk Restoran atau Rumah Makan sehingga menghasilkan makanan yang ASUH (Aman, Sehat, Utuh dan Halal) dan disertakan dengan plakat ataupun rewards terhadap restoran yang memenuhi standar.

Bupati juga menyampaikan beberapa arahan seperti pengolahan kakao yang diharapkan bisa sampai ke produk hilirnya, dan mengharapkan adanya standarisasi industri rumahan seperti industri rumahan ikan asap dan mengharapkan adanya pengabdian masyarakat terkait akan hal ini.

Di akhir sambutannya, Bupati Soekirman mengharapkan kerjasama dari dunia akademis demi mengembangkan pangan daerah, baik itu dalam bentuk penelitian maupun pengabdian masyarakat. Pemkab Sergai juga akan memotivasi ASN dan masyarakat di kabupatennya untuk dapat terus melanjutkan pendidikan khususnya memilih Prodi Magister Ilmu Pangan USU sebagai salah satu prodi yang dapat meningkatkan pengembangan pangan bagi daerahnya.

Related Posts

LEAVE A COMMENT

Make sure you enter the(*) required information where indicated. HTML code is not allowed

Theme Settings

Please implement Expnews_Options_menu_location_multi_select::getCpanelHtml()

Please implement Expnews_Options_multi_select::getCpanelHtml()