Dirut Inalum: Proses Divestasi Freeport Berbarengan IUPK Permanen

TransBisnis.Com|Berita Jakarta – Direktur Utama PT Indonesia Asahan Alumunium (Inalum), Budi Gunadi Sadikin menyambangi kantor Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral.

Kedatangan Budi untuk membahas perkembangan pembelian divestasi saham PT Freeport Indonesia. Inalum diketahui akan mengeluarkan dana sebesar US$3,85 miliar untuk bisa menguasai saham PT Freeport Indonesia sebesar 51 persen.

Budi mengungkapkan, hanya bertemu dengan Sekretaris Jenderal Kementerian ESDM, Ego Syahrial. Mengenai proses transaksi divestasi saham itu, menurut dia, masih belum terealisasi saat ini.

Proses divestasi saham itu, lanjut dia, akan dilakukan bersamaan dengan pemberian Izin Usaha Pertambangan Khusus (IUPK) PT Freeport Indonesia secara permanen.

“Kami mau usahakan bersamaan, kami lagi koordinasikan IUPK-nya antara saksinya, lampiran-lampirannya, aksesibilitinya dikoordinasikan dengan Pak Sekjen,” kata Budi di kantor Kementerian ESDM, Jakarta, Selasa, 7 Agustus 2018.

Seperti diketahui, pemerintah sebelumnya juga telah memperpanjang IUPK Sementara PT Freeport Indonesia yang sejatinya habis pada 30 Juli 2018 diperpanjang satu bulan ke 30 Agustus 2018. Alasan perpanjangan IUPK sementara itu diberikan Menteri ESDM karena proses divestasi masih belum selesai.

Ketika ditanya apakah proses transaksi divestasi itu dapat terjadi pada akhir bulan ini, ia mengatakan, “Itu butuh doa restu dari teman-teman,” tambahnya.

Related Posts

LEAVE A COMMENT

Make sure you enter the(*) required information where indicated. HTML code is not allowed

Theme Settings

Please implement Expnews_Options_menu_location_multi_select::getCpanelHtml()

Please implement Expnews_Options_multi_select::getCpanelHtml()