Rupiah Di Pasar Spot Melemah Dilevel Rp14.393 U$D

TransBisnis.Com|Jakarta – Kurs rupiah kembali melemah terhadap dollar Amerika Serikat untuk sementara ini. Mengutip Bloomberg pukul 11.40 WIB, rupiah di pasar spot melemah 0,18% ke level Rp 14.393 per dollar AS.

Analis Monex Investindo Futures, Putu Agus Pransuamitra mengatakan, pelemahan rupiah saat ini sebenarnya tidak terlalu signifikan. Katalis negatif pada hari ini (11/7) berasal dari memanasnya kembali konflik perang dagang antara AS dan China.

Semalam, beredar kabar bahwa Presiden AS, Donald Trump mengumumkan daftar barang impor dari China senilai US$ 200 miliar yang akan dikenakan tarif sebesar 10%. Hal itu menimbulkan kekhawatiran investor yang berinvestasi pada aset-aset berisiko.

Di luar hal itu, belum ada katalis lain dari eksternal yang mempengaruhi pergerakan rupiah sepanjang hari ini. Di sisi lain, hasil lelang sukuk yang berlangsung ramai kemarin bisa menjadi katalis positif bagi rupiah di hari ini. “Lelang yang melebihi target menunjukkan tingkat kepercayaan investor terhadap pasar obligasi Indonesia,” kata Putu.

Dia memperkirakan, pergerakan rupiah hingga akhir perdagangan nanti cenderung terbatas. “Masih terbuka kemungkinan untuk koreksi maupun menguat, tapi keduanya bersifat terbatas,” lanjutnya.

Menurut perhitungan Putu, rupiah akan bergerak di kisaran Rp 14.340–Rp 14.400 per dollar AS pada penutupan perdagangan hari ini.

Related Posts

LEAVE A COMMENT

Make sure you enter the(*) required information where indicated. HTML code is not allowed

Theme Settings

Please implement Expnews_Options_menu_location_multi_select::getCpanelHtml()

Please implement Expnews_Options_multi_select::getCpanelHtml()