Saat Baru Sandar di Pelabuhan Belawan, Kapal Tanker CPO Berbendera Asing Dirampok

TransBisnis.Com | Medan – Baru saja bersandar di Pelabuhan Belawan Kapal tanker MT Nordocean berbendera Cyprus menjadi korban perampokan kawanan maling bersenjata tajam saat berada di Pelabuhan Belawan, Minggu (8/7/2018).

Dalam pencurian yang terjadi sekira pukul 07.50 WIB itu, pelaku sempat mengancam crew kapal dengan menggunakan senjata tajam sebelum kawanan itu kabur membawa barang hasil kejahatannya dari dalam kapal berbendera asing tersebut..

Berdasarkan informasi diperoleh wartawan pencurian yang dialami kapal pengangkut CPO (crude palm oil) itu terjadi sesaat MT Nordocean baru saja sandar di Pelabuhan Belawan. Ketika crew kapal tengah sibuk menyediakan gangway untuk proses pilot off dan juga untuk proses checking Karantina, Imigrasi dan Bea Cukai.

Tiba-tiba dari sisi laut datang tiga pelaku menumpangi perahu kayu sederhana bermesin. “Kabarnya yang naik ke atas kapal dua orang, sedang seorang lagi berada di perahu,” tutur, AR Nasution, buruh pelabuhan.

Kejahatan yang terjadi di pagi hari itu sempat dipergoki seorang crew kapal. Tapi, anak buah kapal tersebut tidak berani melawan, karena pelaku mengancam mereka menggunakan kelewang. Alhasil, penjahat itu bebas beraksi di pelabuhan terbesar dan tersibuk ketiga di Indonesia itu dan berhasil membawa kabur peralatan stainless steel reducer dari atas kapal.

Menanggapi hal tersebut, Humas PT Pelindo I Cabang Belawan, Mufthi Rahman yang berusaha dikonfirmasi mengaku sedang cuti dan belum mengetahui peristiwa tersebut dan menganjurkan melakukan konfirmasi ke pihak instansi terkait di Pelabuhan Belawan.

Kepala Operasi PT Bintang Samudra Utama (BSU) Reza selaku perusahaan keagenan kapal, telah melaporkan kepada General Manager PT Pelabuhan Indonesia I Belawan soal pencurian di kapal MT Nordocean yang akan memuat CPO dari Pelabuhan Belawan tujuan pelabuhan di India.

Dalam laporannya, Reza mengatakan, berbagai inventaris kapal MT Nordocean yang dicuri kawanan penjahat, di antaranya stainless stell recuder ukuran 6×5 inch 2 pcs, stainless stell recuder ukuran 6×8 inch 1 pcs dan stainless stell recuder ukuran 4×6 inch 1 pcs.

“Tidak ada crew terluka, karena saat ketahuan para pelaku langsung kabur sambil mengancam crew kapal dengan senjata tajam agar tidak mendekat,” jelas Reza.

Dia menambahkan, peristiwa pencurian yang menimpa MT Nordocean telah diberitahukan kepada PT Pelindo I Belawan secara tertulis dan ditembuskan kepada DPC INSA Medan Belawan.[mbc]

Related Posts

LEAVE A COMMENT

Make sure you enter the(*) required information where indicated. HTML code is not allowed

Theme Settings

Please implement Expnews_Options_menu_location_multi_select::getCpanelHtml()

Please implement Expnews_Options_multi_select::getCpanelHtml()