Merambah Peruntungan Berbisnis Es Puter 88

TransBisnis.Com – Meski sejumlah jenis es gaya baru bermunculan, tak memudarkan pamor es puter. Rasanya yang khas Indonesia membuat es ini seringkali dirindukan. Apalagi, saat bersantap bersama teman dan saudara, es puter cocok menjadi hidangan penutup mulut.

Melihat potensi yang masih bagus, PT Nusa Pangan Sukses Makmur pun menawarkan kemitraan Es Puter 88. Sebelumnya, perusahaan ini hanya menjadi pemasok es puter untuk gerai ritel modern.

BACA JUGA:

IHSG Hari Ini Berpeluang Rebound

Kurs Rupiah di Pasar Spot Masih Bisa Terus Menguat

Kerjasama kemitraannya baru dibuka pada tahun 2017 lalu. Ari Nugrahanto, Business Development Advisor PT Nusa Pangan Sukses Makmur mengatakan, penawaran kemitraan ini untuk meramaikan industri kemitraan dengan menghadirkan produk makanan yang sehat dan aman. Sayang sampai kini belum ada mitra yang bergabung, karena mereka cukup selektif dalam menjalin kerjasama.

Menyasar konsumen kelas menengah, Es Puter 88 menjual seporsi esnya Rp 10.000-Rp 150.000 per porsi. Selain itu, tersedia pula menu tambahan, seperti bakso dan lainnya.

Ari mengklaim, kelebihan produknya terletak pada penggunaan bahan baku alami, tanpa pengawet, serta mempunyai standar keamanan pangan.

Es Puter 88 menawarkan enam paket kemitraan. Pertama, pertama Paket Basic dengan nilai investasi Rp 13,5 juta. Mitra memperoleh freezer berkapasitas 100 liter, bahan baku awal senilai Rp 1,5 juta, sistem, kelengkapan usaha, branding dan konsultasi.

Kedua, Paket RTD senilai Rp 18 juta. Fasilitas yang didapat mitra, freezer 100 liter, bahan baku awal senilai Rp 1,1 juta, booth, kelengkapan usaha, branding, dan pelatihan. Ketiga, Paket RTE senilai Rp 21 juta dengan fasilitas satu unit freezer 160 liter, bahan baku awal senlai Rp 1,8 juta, satu unit booth, branding, konsultasi, dan kelengkapan usaha.

Keempat, Paket Platinum senilai Rp 26 juta, yang didapatkan mitra sama dengan paket sebelumnya hanya saja yang membedakan ukuran freezer sebesar 700 liter dan produk senilai Rp 8 juta. Kelima, Paket Gold dengan investasi Rp 21,5 juta, freezer berkapasitas 500 liter serta bahan baku senilai Rp 5,5 juta.

Terakhir, Paket silver dengan investasi Rp 17,5 juta dengan fasilitas, freezer berkapasitas 360 liter, produk senilai 3,5 juta, kelengkapan usaha, branding, dan konsultasi usaha.

Untuk menjaga kualitas rasa dan standarisasi produk, mitra wajib mengambil semua produk jadi dari pusat. Workshop mereka berada di Tangerang, Banten.

Berdasarkan perhitungan Ari, dalam waktu 2,5 bulan mitra sudah bisa balik modal. Dengan catatan saban harinya dapat menjual produk sekitar 40 porsi. Bila dihitung, total penjualan mencapai Rp 20 juta perhari.

Setelah dikurangi biaya produksi dan operasional, porsi keuntungan bersih yang dapat dikantongi mitra sekitar 20% dari omzet per bulan.[kontan]

Related Posts

LEAVE A COMMENT

Make sure you enter the(*) required information where indicated. HTML code is not allowed

Theme Settings

Please implement Expnews_Options_menu_location_multi_select::getCpanelHtml()

Please implement Expnews_Options_multi_select::getCpanelHtml()