Sinar Mas Agribusiness and Food Siap Siaga Api Cegah Karhutla

TransBisnis.Com – Sinar Mas Agribusiness and Food melalui anak usahanya PT Ivo Mas Tunggal (IMT) yang beroperasi di Kabupaten Siak melaksanakan Apel Siaga Api dan simulasi kebakaran sebagai bentuk komitmen perusahaan dalam mencegah dan menanggulangi kebakaran hutan, kebun dan lahan (karhutbunla).

Upaya perusahaan dalam menghadapi bahaya karhutla mendapat tanggapan positif dari pemerintah setempat. Apel siaga api yang dihadiri oleh lebih dari 175 peserta tersebut dipimpin oleh Danramil Kandis Kapten Imam Karmani dan dihadiri oleh Kapolsek Kandis Kompol Panangian Samosir SH MM melalui Kanit Binmas IPDA Suwondo, RC Manager PT IMT Regional Siak Septianus Harianja, Lurah dan Penghulu Kampung.

Tokoh Masyarakat Sujatno Kribo, M Nur Azmal, dan Masyarakat Siaga Api dari 10 desa di sekitar perkebunan perusahaan, yaitu Desa Belutu, Desa Sungai Gondang, Desa Jambai Makmur, Desa Samsam Desa Telaga Samsam, Desa Kandis Kota, Desa Bekalar, Desa Libo Jaya.

“Sejak Februari lalu, Riau sudah memasuki fase pertama musim kemarau dimana titik-titik panas telah terdeteksi di berbagai tempat di Riau. Saya ingin mengajak semua pemangku kepentingan untuk waspada dan siaga dan saling bekerjasama dalam mencegah kebakaran terjadi,” kata Septianus Harianja, Regional Controller PT IMT regional Siak dalam siaran persnya hari ini.

Sejak 2016, perusahaan PT IMT bekerjasama dengan masyarakat desa di sekitar kebun dan membentuk wadah yang diberi nama Masyarakat Siaga Api (MSA). Salah satu bentuk dukungan yang diberikan perusahaan adalah dengan memberikan pembinaan kepada MSA yang dari 10 desa tersebut. Selain mendapatkan pelatihan secara teratur, perusahaan juga memberikan Alat Pelindung Diri terhadap kebakaran.

“Saya sangat berterima kasih kepda Masyarakat Siaga Api (MSA) yang telah menjaga kebun kita dan desa-desa sekitar bebas dari bahaya kebakaran. Saya berharap melalui kegiatan kerjasama antara perusahaan, pemerintah, Masyarakat Siaga Api dan juga masyarakat setempat dapat terjalin. Bersama-sama kita bisa mensinergikan langkah kita dalam upaya pencegahan dan penganggulangan kebakaran kebun, hutan dan lahan,” ujar Septianus.

Related Posts

LEAVE A COMMENT

Make sure you enter the(*) required information where indicated. HTML code is not allowed

Theme Settings

Please implement Expnews_Options_menu_location_multi_select::getCpanelHtml()

Please implement Expnews_Options_multi_select::getCpanelHtml()