Gara-gara Makan Melon, 17 Warga Australia Tewas

Trans Bisnis – Korban keempat telah meninggal dunia di Australia, setelah mengkonsumsi melon yang terkontaminasi Listeria. Sejak wabah itu terjadi sudah ada 17 orang meregang nyawa.

Kasus ini pertama kali mendapat perhatian oleh Kementerian Kesehatan setempat bulan lalu. Di mana, hasil penelusuran mendapati bahwa melon tersebut berasal dari negara bagian New South Wales.

“Ada dua kasus kematian di News South Wales dan dua di Victoria,” kata pihak NSW Health.

Direktur Penyakit Menular di NSW Health Vicky Sheppeard mengatakan, semua melon yang terkontaminasi telah ditarik dari pasar pada 28 Februari lalu.

“Biasanya, sekitar sepertiga orang yang jatuh sakit dengan Listeriosis meninggal setiap tahun. Tetapi, pada sebagian besar kasus, tidak pernah terkait dengan wabah seperti ini,” katanya dikutip dari Chanel News Asia.

Listeria adalah bakteri yang biasa ditemukan pada makanan. Bagi sebagian orang yang mengonsumsi makanan yang mengandung bakteri ini tidak menyebabkan penyakit. Namun, bakteri ini bisa berbahaya bagi orangtua, wanita hamil, atau mereka yang memiliki penyakit seperti diabetest, atau kanker.

Listeriosis atau penyakit yang disebabkan bakteri Listeria, sepintas memiliki gejala seperti flu. Badan akan menggigil, demam dan nyeri otot. Bakteri ini juga memiliki masa inkubasi hingga 70 hari.

Related Posts

LEAVE A COMMENT

Make sure you enter the(*) required information where indicated. HTML code is not allowed

Theme Settings

Please implement Expnews_Options_menu_location_multi_select::getCpanelHtml()

Please implement Expnews_Options_multi_select::getCpanelHtml()