DKSU Siap ‘Bersinergi, Visioner dan Berpikir Indah’

MEDAN – Pengurus Dewan Kesenian Sumatera Utara (Sumut) periode 2017 – 2022 resmi dilantik Gubernur HT Erry Nuradi, di Aula Martabe Kantor Gubernuran, Kamis (8/3/2018).

Dewan Kesenian Sumatera Utara yang disingkat DKSU kini dipimpin Baharuddin Saputra SH dengan Sekretaris Idris Pasaribu dan Bendahara Lilik Riadi Dalimunthe.

Turut hadir dalam pengukuhan DKSU, Dewan Penasehat Rajamin Sirait, Handoko, mantan Ketua DKSU, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sumut Dr Ir Hj Hidayati MSi, Kepala Humas Pemprov Sumut Ilyas Nasution, para tokoh seni dan budaya serta para penggiat kesenian di Sumut.

Dalam pengukuhan DKSU itu, Gubernur Sumut HT Erry Nuradi mengucapkan selamat atas terbentuknya Pengurus Dewan Kesenian Sumut yang baru. Gubernur berharap banyak kepada DKSU yang telah dikukuhkan untuk mengangkat dan mengembangkan seni, budaya dan sastra yang beragam dimiliki Sumut.

“Sumut dikenal multi etnis yang memiliki beragam suku, agama, budaya maupun kesenian yang perlu diangkat dan dikenalkan ke masyarakat luas. Hadirnya DKSU diharapkan dapat menjaga kebudayaan dan kesenian hingga ke generasi muda Sumut,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua DKSU periode 2017 – 2022, Baharuddin Saputra SH menyebutkan, kepengurusan DKSU yang baru ini melibatkan para penggiat seni, budaya, sastra serta insan jurnalis yang terbilang memiliki potensi di bidangnya masing-masing.

“Dalam kepengurusan DKSU periode 2017 – 2022 ini, ada 9 komite telah terbentuk, diantaranya Komite Seni Rupa, Film, Sastra, Musik, Photograp, Tari, Teater, Multimedia dan Ekonomi Kreatif. Juga kita memiliki tim kesekretariatan yang siap bekerja mengembangkan potensi seni dan budaya Sumut,” ungkapnya.

Bahar, sapaan akrabnya, menambahkan, kehadiran DKSU yang membawa misi ‘Bersinergi, Visioner dan Berpikir Indah’ mendapatkan dukungan dari Gubernur Sumut beserta jajaran. “DKSU berharap dukungan dari Gubernur serta sinergitas dari SKPD Pemprov Sumut, agar kegiatan DKSU dapat difasilitasi dan tersosialisasi hingga ke Kab/Kota,” ucapnya.

Penasehat DKSU, Rajamin Sirait mengaku telah lama mengenal sosok Baharuddin Saputra. “Saya kenal Baharuddin sejak lama. Darah seni mengalir di dirinya. Dan yakin, DKSU yang dipimpinnya akan mampu mengangkat seni dan budaya yang ada di Sumut,” cetusnya.

Ia berharap kepada pengurus DKSU yang telah dikukuhkan oleh Gubernur, dapat langsung bekerja dan menyusun program-program kerja jangka pendek hingga panjang.

Sebelumnya, Ketua Panitia Pelantikan DKSU, Hidayati yang juga menjabat Kadis Budpar Sumut menjelaskan, ini merupakan sejarah baru bagi DKSU dengan dikukuhkannya kepengurusan yang baru untuk periode 2017 – 2022.

Menurutnya, berbagai prestasi sebelumnya telah diraih oleh DKSU, yang diharapkan dapat juga digapai oleh pengurus DKSU dibawah kepemimpinan Baharuddin Saputra.

Ia memaparkan, tagline ‘Bersinergi, Visioner dan Berpikir Indah’ sangat tepat dalam perkembangan jaman ‘now’ saat ini. “Diharapkan DKSU ke depan menjadi motor penggerak seni, budaya dan sastra di Sumut. Sebagai dukungan Pemprov Sumut, telah disediakan kantor DKSU di Jalan Pancing, yang merupakan aset pemerintah. Dan ke depan Pemprov Sumut akan mengalokasikan anggaran untuk mendukung program kerja DKSU,” bebernya.

Related Posts

LEAVE A COMMENT

Make sure you enter the(*) required information where indicated. HTML code is not allowed

Theme Settings

Please implement Expnews_Options_menu_location_multi_select::getCpanelHtml()

Please implement Expnews_Options_multi_select::getCpanelHtml()