Harga Emas Kembali Menanjak Jelang Akhir Pekan

Medan – Harga emas turun dalam tiga hari hingga Kamis. Sebelum penurunan, harga emas masih bergerak di sekitar US$ 1.332 per ons troi.

Menjelang akhir pekan, harga emas rebound dari penurunan tajam kemarin. Jumat (2/3) pukul 7.55 WIB, harga emas untuk pengiriman April 2018 di Commodity Exchange naik 0,99% ke level US$ 1.318,10 per ons troi.

Di mana kemarin, harga emas turun 0,96%. Bahkan emas sempat menyentuh level terendah dalam dua bulan pada perdagangan harian. Harga logam mulia ini menguat lagi setelah anjlok pada perdagangan Kamis.

Saat ini, harga emas kembali menanjak jelang akhir pekan setelah Gubernur Federal Reserve Jerome Powell mengungkapkan bahwa bank sentral tidak melihat bukti lonjakan upah hingga saat ini. Kenaikan upah di AS hanya naik tipis-tipis.

Baca Juga : Harga Jual Emas Antam Berbalik Naik Rp5.000

Pernyataan ini meredakan kekhawatiran pasar emas atas pernyataan Powell sebelumnya. Pada pertemuan dengan Kongres Selasa lalu, Powell mengatakan bahwa kenaikan suku bunga acuan bisa lebih dari tiga kali pada tahun ini. Kenaikan suku bunga akan menekan harga emas.

“Harga emas turun karena dollar yang menguat dan kami masih melihat ekspektasi kenaikan suku bunga,” papar Chris Gaffney, president of world market EverBanks kepada Reuters. Dia menambahkan, pernyataan terbaru Powell lebih dovish ketimbang sebelumnya.

Menurut analis Capital Economics, Simona Gambarini mengatakan, seiring kenaikan tekanan inflasi, The Fed akan menaikkan suku bunga untuk mencegah inflasi melonjak lebih tinggi.

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *