Melirik Pesona Baharuddin Saputra Sebagai Ketua DKSU yang Baru

Lahir di Tangerang, Banten pada tanggal 25 Desember 1966. Sejak usia 2 tahun menjadi orang Medan dan hingga kini terasa betul karakter Medan melekat di dirinya. Dia senang memotret dan menulis sejak SMP, dimulai dari cerita anak, puisi, dan artikel, tulisannya dimuat pada Harian Analisa, Waspada, Mimbar Umum, Bukit Barisan, Analog, dan Andalas, serta Medan Bisnis. Juga di majalah Satya Bhakti Polda Sumut.

Sekarang ia Anggota Komite Sinematografy/Multimedia ( Film ) Dewan Kesenian Medan yang September 2017 lalu diutus Walikota Medan Drs H T. Dzulmi Eldin MSI untuk Study Banding di BALINALE Internasional Festival film di Kuta Bali.
Melihat dari dekat konsep dan pelaksanaan sebuah festival film untuk bisa menggelar Festival Film Medan.

Ia juga dipercaya sebagai Ketua Insan Kritik Film ( IKF ) Sumut pada Workshop Kritik Film tingkat Nasional yang di Gelar oleh Badan Film Kemenbudpar tahun 2017 di Medan.

Selain pimpinan lembaga Seni dan Film Senyum Production Medan, ia juga dikenal sebagai pendiri dan Pemred Media Online Mitrakamtibmas.com dan Tribratanewsmedan.com.

Cerpennya yang berjudul “Pistol” pernah di muat di Harian Analog, terpilih sebagai salah satu Cerpen terbaik dalam antologi MUARA III Pertemuan Penyair Indonesia-Malaysia, Dialog Utara IX tahun 2001.

Puisinya “Air Mata langitku” yang pernah dimuat di Harian Analisa,terpilih sebagai puisi Parade Baca Puisi Pejabat, Birokrat dan Sastrawan Sumatera Utara pada antologi “Indonesia Berbisik” diterbitkan oleh DKSU tahun 1999.

Aktif dalam Gerakan Pramuka sejak SD di Gudep 019-020 TVRI Medan. Saat Penggalang terpilih 10 putra terbaik Utusan Sumut pada Lomba Tingkat Nasional ( LT -V ) di Cibubur 1983, Semasa Penegak/Pandega terpilih sebagai Kabid Litev Dewan Kerja Daerah Sumatera Utara ( DKDSU) Priode 1988-1992 ), Terpilih sebagai Pimpinan Rombongan Raimuna Nasional di Purbalingga Jawa Tengah, Ketua Sangga Kerja Pengembaraan Desember 1988, dan Humas Pertikara Nasional di Sibolangit 1992.

Saat menjadi Pembina diangkat menjadi Pamong Saka Bhayangkara Poltabes Medan, Dipercaya sebagai Andalan Humas di Kwarcab Medan dan di Kwarda Sumut pada bidang kehumasan kepanitiaan. Sehari-hari bekerja sebagai PNS pada Humas Polrestabes Medan.

Alumni Fakultas Hukum Universitas Tjut Nyak Dien Medan ini selain menulis cerpen dan puisi, ia juga menulis skenario dan sutradara sinetron , serta menulis naskah monolog dan pantomime, menjadi aktor sekaligus pengatur laku. Pernah pula terpilih sebagai deklamor terbaik dan andalan kota Medan.

Tercatat pernah menjadi redaktur budaya di Harian Analog dan Harian Andalas yang terbit di Medan. Mantan Pemimpin Redaksi Majalah “Seruan”. Majalah “Satya Dharma”, Majalah “Target” dan mendirikan serta menjadi Pemred Tabloid Media Mitra Kamtibmas.

Cerbungnya yang berjudul “ Wo Aini” pernah dimuat di Harian Andalas. Sedangkan novelnya “Imago” , juga antologi puisi “Lagu Kehidupan” serta antologi cerpen “Lagu dari Medan” sedang proses untuk segera terbit.

Pernah menjadi sekretaris Komunitas Sastra Indonesia (KSI) Medan, dan Pemimpin Redaksi Majalah HORAS Jurnal Sastra Indonesia yang terbit di Medan. Sejak tahun 2006 menjadi pendiri dan Pemimpin Redaksi Tabloid dan Majalah Mitra Kamtibmas Polrestabes Medan, Juga pernah sebagai Direktur News Sumut TV Online.

Dalam dunia acting, tercatat sebagai anggota Teater Pelajar TBSU sejak tahun 1983, kemudian bergabung dengan Teater Imago Medan pimpinan D Rivai Harahap , Teater Nasional Medan, dan mendirikan Teater Senyum Medan.

Ikut bermain dalam berbagai Pementasan teater sebagai actor dan stage manager. Beberapa kali dipercaya sebagai supervisor dalam kegiatan seni budaya di Medan, menggagas Pekan Seni Anak Muda Medan ( Pesan’M), Gebyar Seni Merdeka bersama DKM , dan Menggairahkan dunia perfilman Medan dengan menggelar Festival ” Ajang Film Anak Muda Medan memperingati Hari Film Nasional.

Beberapa Sinetron dan FTV yang dibintangi, “Tersesat”, “Sang Ayah”,“Jebakan pintu tertutup”, “Gadis”, “Operasi gali semprul”,Abah Kosim”, “Bah Jurod” di TVRI, “Pretty Dream Come True”dan ,”Ulos Simalakama” di SCTV dan ”SIbolang” di Trans7.

Aktingnya juga di tunjukkan dalam Film layar lebar ” The Deepest” berpersn sebagai Perwira Polisi dan Film ” Dimana Kau Sembunyikan Jodohku” beradu akting dengan sang istri berperan sebagai Pakde dan bukde besutan sutradara Embart Nugroho.

Aktifitasnya lain di dunia film dipercaya sebagai Sekretaris Umum Forum Komunikasi Insan Film Sumut, menjadi Ketua Panitia Sosialisasi Kongres Parfi Pusat di Sumut – Medan.

Pada Ormas sebagai Pendiri, Presiden/Ketum Priode 2009-2016 Paguyuban Banten Sumatera Utara (PABANSU). Sebagai Dewan Penasehat Paguyuban Pasundan Wilayah Sumut. Pada DPP Aliansi Media Cyber Indonesia (AMCI) diangkat sebagai Dewan Pembina.

Kini, bahagia di didampingi sang istri Evi Khairani, SPd bersama sepasang buah hatinya Ziyad Fawad Saputra musikus muda kreatif dan Asri Ayuningtias penari berbakat yg terpilih di Kampusnya UNIMED ikut lawatan ke Berunai Darusallam baru baru ini.

Related Posts

LEAVE A COMMENT

Make sure you enter the(*) required information where indicated. HTML code is not allowed

Theme Settings

Please implement Expnews_Options_menu_location_multi_select::getCpanelHtml()

Please implement Expnews_Options_multi_select::getCpanelHtml()