Inilah Daftar Serangan Teroris yang Pernah Terjadi di New York

Serangan teror dengan truk pikap yang terjadi di Manhattan, New York, Amerika Serikat pada Selasa, 31 Oktober 2017 menambah daftar rekam jejak serangan teroris yang pernah terjadi di salah satu kota terpadat di AS itu. Diketahui bahwa serangan Manhattan kemarin menyebabkan delapan orang tewas dan sedikitnya 12 orang mengalami luka-luka.

Pelaku ditembak aparat dan langsung diamankan. Kejadian ini disebut sebagai salah satu aksi teroris. Dikutip dari laman Reuters, daftar serangan yang pernah terjadi di New York dalam beberapa tahun terakhir.

Maret 2017

Serangan dilakukan oleh seorang pria kulit putih berusia 28 tahun bernama James Harris Jackson. Dia menikam Timothy Caughman, seorang Afro Amerika beberapa kali. Caughman kemudian tewas. Jackson mengakui dia sengaja melakukan perjalanan untuk membunuhi orang ras Afrika dan keturunannya.

September 2016

Tiga bom meledak di New York. Dua meledak di wilayah Chelsea Manhattan dan satu lagi meledak di New Jersey. Ledakan itu melukai 31 orang sementara beberapa bom ditemukan sebelum meledak. Pelaku bernama Ahmad Khan Rahimi ditangkap setelah meletuskan tembakan ke arah polisi. Rahimi lahir di Afganistan dan dia diduga dipengaruhi oleh paham Al Qaeda.

Mei 2010

Evakuasi besar-besar di Times Square pada Mei 2010 tatkala sebuah bom mobil gagal meledak ditemukan di fasilitas kendaraan olahraga. Tersangka bernama Faisal Shahzad kemudian ditahan. Dia diketahui pernah latihan dengan Taliban dan akhirnya dihukum seumur hidup.

Maret 2008

Sebuah bom pipa yang gagal meledak ditemukan di kantor pendaftaran anggota militer Amerika Serikat di Times Square. Tak ada korban dalam peristiwa ini.

September 2001

Pada 11 September 2001, anggota Al Qaeda menyusup ke dalam penerbangan komersial menabrakkan pesawat yang menghantam gedung WTC di New York dan menewaskan 2600 orang. Selain itu serangan juga terjadi ke Pentagon dan Shanksville, Pennsylvania yang menyebabkan korban tewas hingga 2.996 dan melukai lebih dari 6.000 orang. Serangan ini termasuk serangan teror terbesar di AS yang membuat pemerintah Bush menggelorakan jargon “Perang Melawan Teror”.

Februari 1997

Guru Palestina bernama Ali Hassan Abu Kamal menembaki orang-orang di Empire State Building yang menyebabkan satu korban tewas dan enam orang cedera. Dia kemudian bunuh diri.

Related Posts

LEAVE A COMMENT

Make sure you enter the(*) required information where indicated. HTML code is not allowed

Theme Settings

Please implement Expnews_Options_menu_location_multi_select::getCpanelHtml()

Please implement Expnews_Options_multi_select::getCpanelHtml()