PVMBG: Gunung Agung Paling Eksplosif di Indonesia

BALI|Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi menyebut Gunung Agung di Bali berkatagori gunung berapi paling eksplosif di Indonesia. Gunung itu terakhir meletus pada 1963 dan dampaknya paling dahsyat dibanding gunung-gunung lain.

“Gunung Agung beristirahat selama lima puluh tahun. [Itu] letusan paling eksplosif dalam lima puluh tahun terakhir,” kata Devy Kamil Syahbana, Kepala Sub Bidang Mitigasi Gunungapi PVMBG.

Kamil membandingkan tingkat letusan Gunung Agung yang, berada di atas Gunung Merapi di Daerah Istimewa Yogyakarta dan Gunung Sinabung di Sumatera Utara. “Gunung Merapi nilainya empat, Sinabung nilainya dua, dan Gunung Agung lima,” ujarnya.

PVMBG tak dapat memprakirakan waktu pasti Gunung Agung meletus dan sedahsyat apa jika benar erupsi; lebih dahsyat daripada tahun 1963 atau sebaliknya. Namun PVMBG telah berkoordinasi dengan lembaga terkait untuk segera mengevakuasi warga yang berada di radius sembilan kilometer dari puncak Gunung.

Sejauh ini, kata Kamil, memang belum ada tanda-tanda Gunung Agung bakal erupsi lebih dahsyat dibanding pada 50 tahun lampau. Tapi sebagai antisipasi situasi terburuk, zona merah di gunung itu harus dikosongkan dari aktivitas warga.[viva]

Related Posts

LEAVE A COMMENT

Make sure you enter the(*) required information where indicated. HTML code is not allowed

Theme Settings

Please implement Expnews_Options_menu_location_multi_select::getCpanelHtml()

Please implement Expnews_Options_multi_select::getCpanelHtml()