AGENDA 26-08-1914| Tentara Rusia Dihabisi di Pertempuran Tannenberg

Pada hari ini, tepat tanggal 26 Agustus 1914, Armada Militer ke-8 Jerman di bawah kepemimpinan Paul von Hindenburg dan Erich Ludendorff menyerang pasukan militer, Armada ke-2 Rusia yang dipimpin Jenderal Aleksandr Samsonov. Pertempuran terbuka itu terjadi di bagian timur Prusia dalam waktu awal dimulainya Perang Dunia I.

Dikutip dari laman History.com, pada pertengahan Agustus 1914, Rusia sudah mengirimkan armadanya ke bagian timur Prusia. Sementara Jerman pada saat itu masih berkonsentrasi dengan peperangan melawan Prancis di bagian barat.

Armada ke-1 Rusia dipimpin oleh Jenderal Pavel Rennenkampf mengambil posisi yang berbeda dengan pasukan yang dipimpin rekannya Jenderal Aleksandr Samsonov. Kedua pasukan itu berada di sisi berbeda dan belakangan diketahui medan yang memisahkan mereka yang menyulitkan tentara pimpinan Rennenkampf membantu pasukan Samsonov.

Padahal setelah kemenangan tentara Rusia di pertempuran Gumbinnen, pada tanggal 20 Agustus 1914, Rennenkampf mengistirahatkan pasukannya.

Alhasil, di pertempuran Tannenberg disebutkan sekitar 50 ribu prajurit Rusia tewas dan puluhan ribu lainnya menjadi tawanan.

Pertempuran Tannenberg menjadi salah satu pertempuran yang dicatat dimenangkan oleh pasukan Jerman, karena Rusia tidak bisa mendapatkan bantuan jumlah pasukan pada waktu yang tepat.

Related Posts

LEAVE A COMMENT

Make sure you enter the(*) required information where indicated. HTML code is not allowed

Theme Settings

Please implement Expnews_Options_menu_location_multi_select::getCpanelHtml()

Please implement Expnews_Options_multi_select::getCpanelHtml()