Modal Gadget dan Kuota Internet, Untung 40% dari Omset

MEDAN|Dunia E-Commerce kian terus berkembang. Bahkan, sejumlah pengamat ekonomi baru-baru ini mengungkapkan bahwa lesunya ekonomi diakibatkan oleh minat beli ke toko konvesional. Masyarakat beralih ke E – commerce, sala satunya onlineshop.

Online shop mempunyai keuntungan tersendiri bagi para pedagang. Salah satunya, untuk memulai usaha ini pelaku usaha tidak perlu menyewa toko atau pun memiliki barang, cukup hanya modal gadget dan kuota internet, pelaku usaha ini sudah bisa menjadi dropshiper, yakni menjual barang dagangan orang lain melalui sosial media dengan sistem bagi hasil.

Chriessy (21), misal, perempuan yang bekerja sehari-hari sebagai karyawan swasta dan masih kuliah universitas swasta di Medan, setahun belakangan menggeluti bisnis onlineshop khusus menjual pernak pernik anime Jepang.

Perempuan yang sering disapa Yuki ini mengungkapkan, bisnis yang digelutinya setahun lalu ini dimulai dari pertemanan di Facebok. Kini, sudah mulai berbuah manis.

“Awalnya dulu tidak pernah berpikir untuk berbisnis onlineshop. Ada kenal yang nawari untuk berdagang pernak-pernik anime Jepang dengan modal yang tidak terlalu banyak. Ya saya terima saja, kebetulan saya juga suka membaca komik–komik jepang,” ujarnya.

Yuki yang kini memanfaatkan media sosial seperti Line dan Instagram untuk berdagang bercerita, saat ini ia hanya menjual pernak-pernik seperti pin, poster, gantungan kunci dan nenderoid (boneka tokoh anime Jepang). Untuk harga ia mengakui sangat terjangkau dan kualitasnya juga bagus.

“Saat ini kami jual hanya melalui Line dan Instagram dengan akun @yukiii.shop. Semacam pin dengan harga Rp 7.000/pcs, poster Rp 15.000/pcs dan gantungan kunci 15.000/pcs untuk nenderoid yang original kita jual Rp 500.000- Rp.1.500.000,” jelasnya.

Yuki menambahkan, untuk item stoknya habis pembeli tak perlu khawatir, karena bisa langsung memesan melalaui web dan akan langsung dikirim ke alamat pembeli 2-5 hari kemudian.

Untuk keuntungan yang diraup, Yuki mengaku sangat puas.

“Untuk keuntungan bersih sebulan saya bisa dapat 1,5 juta, itu rata-ratanya ya. Tapi kalau saya buat ikut bazzar atau even yang memang nuansa jejepangan atau yang dibuat oleh anak-anak costplay Medan, itu omsetnya bisa dapat sampai 10 jutaan, dan untungnya bisa 40% dari omset yang didapat,” tuturnya.

Yuki yang dibantu abang kandungnya dalam memulai usaha ini, mengaku masih memesan barang yanng dijual dari Bandung.

“Semua barang yang kita jual itu dipesan dari Bandung. Kita di sini bisa dibilang juga sebagai resellernya, Jadi usaha onlineshop ini jauh dari kerugian,” sebutnya.

Related Posts

LEAVE A COMMENT

Make sure you enter the(*) required information where indicated. HTML code is not allowed

Theme Settings

Please implement Expnews_Options_menu_location_multi_select::getCpanelHtml()

Please implement Expnews_Options_multi_select::getCpanelHtml()