Takut Roket Korut, Jepang Pasang Pertahanan Anti-Rudal

JEPANG– Jepang tengah menjadi negara yang paling waswas apabila Korea Utara jadi menembakkan rudal balistik berhulu ledak nuklir ke wilayah Amerika Serikat di Guam. Efeknya disebutkan akan mulai terasa di sebagian wilayah Jepang hingga akhirnya bisa mendarat di Guam, Samudera Pasifik.

Menurut Guardian, Jepang kini tak hanya mewaspadai soal gempa dan tsunami namun juga bencana nuklir buatan manusia yang kini ada di “tangan” Korea Utara. Hal itu terjadi menyusul saling ancam antara Korut dan AS. Apalagi Presiden AS Donald Trump tak lagi segan mengancam Korut untuk membungihanguskan negara itu.

Setidaknya 14 rudal Korut diujicobakan hingga menuju pantai Jepang pada tahun ini. Selain itu dilakukan uji coba rudal balistik antarbenua yang memiliki jangkauan hingga Guam. Dilaporkan pada tahun 1998, misil jarak jauh Korut juga pernah menyentuh teritori Jepang sebelum mencapai Pasifik.

Menurut Pyongyang, jika rudal balistik antarbenua itu diluncurkan maka akan berdampak terhadap 4 prefektur di Jepang termasuk Hiroshima. Apabila rudal Korut ditembakkan, warga di wilayah Jepang yang terdampak hanya punya waktu 10 menit untuk menyelamatkan diri.

Sementara Menteri Pertahanan Jepang, Itsunori Onodera juga merespons isu ini. Dia mengatakan, secara konstitusional, Jepang berhak mengadang rudal yang melewati dan memberi dampak atas teritorinya. Media lokal memberitakan bahwa Jepang sudah menempatkan sistem pertahanan antimisil di empat wilayah.

Related Posts

LEAVE A COMMENT

Make sure you enter the(*) required information where indicated. HTML code is not allowed

Theme Settings

Please implement Expnews_Options_menu_location_multi_select::getCpanelHtml()

Please implement Expnews_Options_multi_select::getCpanelHtml()