Mengungkap Istri Pertama Soekarno dan Nenek Maia

“Nenek saya ini, Oetari Tjokroaminoto adalah istri pertama Presiden RI yg pertama, Soekarno,” tulis Maia seraya menunjukkan foto dirinya dan sang nenek.

Pengakuan Maia Estianty di akun Instagram pribadinya beberapa hari lalu sontak membuat banyak orang terkejut. Selama ini, Maia, musisi dan pengusaha cantik itu, memang dikenal sebagai cicit dari Raden Hadji Oemar Said (H.O.S) Tjokroaminoto, guru para pemimpin-pemimpin besar Indonesia.

Namun tak banyak yang tahu jika putri sulung pemimpin organisasi Sarekat Islam tersebut adalah nenek mantan istri Ahmad Dhani tersebut.

Siapa Oetari Tjokroaminoto?

Bapak Proklamator Indonesia, Soekarno, diketahui punya 9 istri semasa hidupnya dan Oetari Tjokroaminoto adalah yang pertama. Ia merupakan putri sulung dari lima anak Tjokroaminoto.

Pertemuannya dengan Soekarno, dikutip dari berbagai sumber, diketahui sejak Presiden RI pertama itu tinggal di rumah kos Tjokroaminoto. Sebagaimana tercatat dalam sejarah, Tjokroaminoto menjadikan rumahnya sebagai kostbagi nama-nama besar tokoh bangsa menimba ilmu padanya. Selain Soekarno, tokoh yang dikenal sebagai kaum sosialis, yaitu Semaoen, Muso, dan Alimin juga pernah menetap di sana.

Soekarno yang kala itu berusia 20 tahun menikahi Oetari yang masih berusia 16 tahun dengan alasan untuk menghibur Tjokroaminoto yang dilanda kesedihan usai ditinggal wafat sang istri. Mereka menikah di tahun 1921.

Pernikahan Soekarno dan Oetari sayangnya tak berlangsung lama. Mereka bercerai dua tahun kemudian, yaitu pada 1923. Dari buku otobiografi berujudul Bung Karno Penyambung Lidah Rakyat Indonesia, Soekarno menyampaikan pada Cindy Adams bahwa dia tak pernah tertarik secara birahi dengan Oetari.

Dalam buku tersebut ditulis, “Ia bukan idamanku, oleh karena tidak ada tarikan lahir dan dalam kenyataan kami tak pernah saling mencintai,” aku Soekarno.

Selama masa pernikahannya, Soekarno bertutur tak pernah menyentuh Oetari meski tidur dalam satu ranjang. Baginya, Oetari bak seorang adik yang masih muda belia.

Setelah cerai baik-baik, Oetari pun diketahui menikah dengan Sigit Bachroensalam, pria yang juga tinggal di rumah kos Tjokroaminoto, sementara Soekarno kemudian hidup bersama Inggit Garnasih. Dari pernikahannya dengan Sigit itulah, Oetari dikaruniai 7 orang putra, salah satunya Harjono Sigit, ayah Maia Estianty.

Related Posts

LEAVE A COMMENT

Make sure you enter the(*) required information where indicated. HTML code is not allowed

Theme Settings

Please implement Expnews_Options_menu_location_multi_select::getCpanelHtml()

Please implement Expnews_Options_multi_select::getCpanelHtml()