BPBD Karo Bantu Bersihkan Abu Vulkanik

TRANSBISNIS-Karo|Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Karo, Sumatera Utara, kembali melakukan pembersihan abu vulkanik di daerah yang terdampak erupsi Gunung Sinabung, Senin, 7 Agustus 2017.

Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Karo Natanail Peranginangin mengatakan pembersihan abu vulkanik Gunung Sinabung dilakukan di fasilitas umum seperti jalan, rumah warga, lahan pertanian warga dan sekolah. Pembersihan tersebut bekerja sama dengan Dinas Pemadaman Kebakaran Karo.

“Terdampak abu vulkanik ada dua Kecamatan, yakni Kecamatan Naman Teran dan Kecamatan Berastagi. Kita juga sedang melaksanakan penyiraman, sekalian bagikan masker ke warga yang beraktivitas di luar ruangan,” ungkap Natanail.

Natanail pun mengimbau kepada masyarakat untuk waspada dan menjauhi zona merah yang sudah ditetapkan pemerintah setempat.

“Kita terus memantau dari posko zona merah, untuk melarang masyarakat beraktivitas dan menjauh. Mengingat aktivitas Sinabung masih terus terjadi,” tuturnya.

Disinggung mengenai kabar yang menyebut BPBD Karo kekurangan logistik beberapa waktu lalu, Natanail menegaskan saat ini logistik perlahan mulai berdatangan. Untuk diketahui, jumlah pengungsi Sinabung mencapai angka 2.100 jiwa.

“Kita masih mengharapkan bantuan berupa obat tetes mata dan alat-alat kebersihan para pengungsi seperti sabun cuci, sabun mandi,” kata Natanail. (viva)

Related Posts

LEAVE A COMMENT

Make sure you enter the(*) required information where indicated. HTML code is not allowed

Theme Settings

Please implement Expnews_Options_menu_location_multi_select::getCpanelHtml()

Please implement Expnews_Options_multi_select::getCpanelHtml()