Tips Memulai Bisnis Properti Tanpa Modal

TRANSBISNIS|Bisnis properti di Indonesia saat ini sedang mengalami pertumbuhan yang signifikan. Meskipun perekonomian sedang lesu, dengan adanya program pemerintah untuk membangun perumaan rakyat dengan biaya murah terus dikebut dan dilanjutkan.

Sudah menjadi perhatian kita semua, bahwa yang namanya perumahan adalah hal yang paling penting di dalam hidup. Apalagi bagi kita yang umurnya sudah menginjak 30 tahunan. Mau tidak mau kita “HARUS” mulai berfikir untuk mencari cara agar bisa membeli rumah.

Membeli properti tidak sama seperti membeli barang dagangan lainya. Bahkan tidak sama seperti membeli mobil sekalipun mobil tersebut berharga miliaran rupiah.

Cara membeli rumah perlu ada beberapa hal penting yang kita perhatikan. Mulai dari tanahnya, Apakah bersengketa atau tidak, apakah rawa atau tidak, seberapa jauh dari pusat kota, apakah rawan banjir dan masih banyak lagi.

Nah, itulah sebabnya kita bahas sedikit tentang bisnis properti bahkan kita akan belajar bagaimana memulai memulai sebuah bisnis properti tanpa modal.

Bagaimana sebenarnya cara memulai bisnis properti tanpa modal ditengah maraknya pembangunan perumahan di Indonesia :

  1. Cari pemilik tanah yang bisa diajak kerja sama (Dalam hal ini setelah terjadi kesepakatan negosiasi tentang pembagian keuntungan), selanjutnya cari juga orang yang bisa mendesain bangunan. Kemudian cari juga kontraktor yang bisa dan ahli dalam membuat bangunan, jangan hanya asal jadi. Lihat track Record mereka dalam membangun. Usahakan yang sudah memiliki pengalaman dalam membangun properti. Langkah terakhir, cari pembeli. Ketika terjadi penjualan dan semuanya terjual dengan harga yang pantas, barrulah adakan pembagian kepada setiap pihak yang sudah melakukan bagianya masing-masing. Dan mendapatkan komisi. Hal semacam ini sudah sangat banyak dilakukan orang. Jadi prinsipnya sebagai makelar.
  2. Cari rumah di daerah kompleks perumahan, kemudian jika ada yang hendak menjual rumahnya, bisa menawarkan baik secara online maupun secara offline. Adakan negosiasi kepada pemilik, berapa persen yang akan didapatkan ketika berhasil menjual properti mereka. Selajutnya, cari penjual. Dan jika berhasil, maka komisi bisa didapat dari keberhasilan menjual properti tersebut.
  3. Selain dua hal di atas, juga bisa membuat sebuah badan usaha kecil-kecilan yang bergerak sebagai agen properti. Bisnis properti seperti ini sekarang sudah banyak, dan mulai berkembang di daerah-daerah. Lengkapi legalitas dan buat kepercayaan masyarakat terhadap agen properti. Dengan demikian, orang akan dengan mudah mempercayakan properti yang akan di jual dan dibelinya.
  4. Agen properti Online. Kalau kita lihat seperti agen properti rumah123 atau raywhite, maka akan tahu bahwa mereka memangkas biaya marketing mereka dengan cara membuat bisnis properti online. Biayanya hanya sebuah website dengan tampilan yang sederhana dan memudahkan banyak orang. Jadi hanya mencari orang-orang yang ingin membeli dan menjual rumah saja. Ketika ada yang ingin informasi tentang properti tersebut, pasti akan dihubungi mereka. Lalu mendapat komisi dari setiap transaksi yang terjadi. Sering disebut makelar Online.
  5. Yang terakhir ini, mungkin agak sedikit berbeda, tapi keuntunganya jangan ditanya. Bisa tawarkan jasa memperbaiki taman atau pekarangan rumah. Yang penting miliki sebuah konsep pemeliharaan yang baik, maka bisa dibayar tinggi. Bisa perbaikan taman, perkarangan, dapur atau apapun yang ada kaitanya dengan properti, maka bisa dimulai bisnis properti ini.

Nah dari kelima hal tersebut, bisa dimulai bisnis properti tanpa modal. Modalnya memang ada, tapi tidak terlalu besar. Karena tidak ada usaha yang benar-benar tidak perlu modal. Semua perlu modal, tapi modal bisnis properti yang dijalankan sangat minim dibandingkan yang lainnya.

Dari 5 pekerjaan seperti di atas, bisa sisihkan uang yang didapat, kemudian setelah beberapa lama, bisa digunakan membeli rumah atau apartemen atau mungkin tanah. Selanjutnya bangunlah rumah untuk pribadi.

KEMAMPUAN APA YANG DIBUTUHKAN UNTUK MENCARI RUMAH MURAH

Beberapa kemampuan yang dibutuhkan untuk mencari rumah murah seiring dengan biaya yang minim adalah sebagai berikut :

#1. MAMPU MELIHAT LOKASI

Harus mampu melihat lokasi perumahan atau lokasi properti yang ingin dibeli dan bangun. Jangan sampai terjadi ketika sudah dibangun terjadi banjir atau mungkin longsor dan lain sebagainya

#2. HARGA PASAR

Harus mampu melihat harga pasar. Berapa harga pasaran baik tanah ataupun rumah di sekitar yang akan dibeli. Dengan demikian tidak membelinya terlalu mahal

#3. MAMPU MENAKSIR HARGA

Harus mampu menaksir harga properti yang sudah jadi. Misal ada sebuah properti yagn sudah dibangun tapi ingin di jual. Harus mampu menaksir harga bangunan tersebut dengan mempertimbangkan banyak faktor. Mulai dari faktor akses jalan, pasar, lama bangunan dan masih banyak lagi.

#4. MENGAJUKAN KPR KE BANYAK BANK

Usahakan setiap ingin membeli properti, tidak dibeli dengan cara bayar TUNAI KERAS. Jauh lebih baik dilakukan pendekatan dan meminta bank yang membayarnya melalui proses KPR (Kredit Perumahan Rakyat). Dengan demikian modal atau uang yang dimiliki bisa dipakai untuk modal kerja atau usaha lainya.(transbisnis.dok)

Related Posts

LEAVE A COMMENT

Make sure you enter the(*) required information where indicated. HTML code is not allowed

Theme Settings

Please implement Expnews_Options_menu_location_multi_select::getCpanelHtml()

Please implement Expnews_Options_multi_select::getCpanelHtml()