Perwakilan DPD RI Mengunjungi Posko Pengungsian dan Meninjau Kelayakan Huntara Usai Erupsi

TRANBINIS-KARO|Setelah gejolak aktifitas Sinabung kembali menggegerkan Kabupaten Karo selama 2 hari berturut-turut, Ketua Komite II DPD RI Parlindungan Purba, SH, M.M sambangi posko pengungsi di Desa Ndokum Siroga bersama Bupati Karo Terkelin Brahmana,SH, Jumat (4/8/2017).

Wacana kunjungan Ketua Komite II DPD RI Parlindungan Purba, SH, M.M, dalam menyerahkan tunggakan Dana Siap Pakai (DSP) BNPB sebesar Rp.2.606.500.000 kepada Pemkab Karo, menyempatkan diri untuk meninjau Posko pengungsi dan rumah Hunian Sementara yang ada di kawasan kecamatan Simpang Empat, Kabupaten Karo.

“Kami dari DPD RI menyampaikan turut prihatin terhadap kondisi erupsi yang telah terjadi dua hari yang lalu yang megakibatkan Kabupaten ini ikut gelap, tapi kita bersyukur dapat normal kembali, dan titip salam juga dari ketua DPD RI bapak Usman Sapta Odang kepada kita dan seluruh anggota DPD RI lainnya.

 

Kami merasa cukup gembira prestasi BNPB, PU yang tentunya dibawah kordinasi Bupati Karo, pak Terkelin Brahmana. Kita melihat huntara sudah bagus, dan tentu tindak lanjutnya, kami dengan Bupati Karo telah menghubungi Menteri Pertanian lewat seluler, untuk segera menurunkan tim ke Tanah Karo untuk melihat kondisinya dan apa yang bisa kita buat akibat erupsi yang terakhir ini.

Kami akan berkirim surat dengan pak Bupati dan tadi sudah berbicara langsung dengan pak Menteri dan ini semoga dapat memberi semangat. Yang kedua kami akan berkordinasi dengan pihak Bank, supaya bisa membantu pendanaan dari pada para petani ini walaupun living Cost untuk yang tidak tinggal di huntara lagi, dan tentu ini pasti tidak cukup.

Persoalan ini akan kita bawa ke BNPB di jakarta mencoba menyelesaikannya secara holistik tapi yang prioritas. Soalnya kalau melihat Kesehatan kayaknya sudah OK, sosial sudah OK namun yang mendasar ini mungkin di Pertanian dan Pendanaan.

kita juga berterima kasih kepada BNPB yang sudah mencairkan dana yang tertunggak , dan kita berharap periode berikutnya segera di cairkan untuk menambah semangat bersama dengan pak Bupati Karo, akhir bulan Agustus ini bisa di resmikan Launching pemanfaatan huntara ini,” kata Parlindungan.

Bupati Karo juga mengapresiasi atas kehadiran dan kunjungan ketua komite II DPD RI, Perlindungan Purba, “Kami dari pemerintah Kabupaten Karo sangat mengapresiasi sekali kepada ketua komite II DPD RI pak Perlindungan Purba bersama BNPB pusat atas kedatangannya meninjau langsung ke Huntara dan Posko pengungsi akibat dua hari yang lewat terjadi erupsi yang sangat besar sekali ternyata bapak-bapak yang dari jakarta ini peduli dengan daerah pemilihannya,” jelas Bupati Karo

“Mudah-mudahan untuk launching Huntara nanti dari pusat, Kementerian bisa melihat langsung dan memberikan kepada warga masyarakat, karena kita tau ini semua berkat dari teman-teman atau Bapak-Bapak dari Pemerintah Pusat. Untuk penempatan Pengungsi yang direncanakan dari dua desa akan di tempatkan di tiga lokasi, dan mudah mudahan tahun ini bisa clear,” imbuhTerkelin.

Menambahkan hal itu, Kepala Pelaksana (Kalak) BPBD Kabupaten Karo Ir. Martin Sitepu menjelaskan, untuk pelaksanaan launching rumah Hunian Sementara sebanyak 274 Kepala Keluarga untuk Tahap Pertama(I), “ jumlah huntara yang akan di launching sebanyak 274 kepala keluarga untuk tahap bertama, selanjutnya, yang telah kita programkan dan yang perlu kita Huntarakan ada sebanyak seribu lebih dan saat ini telah terbangun mencapai 348 unit dan progresnya mencapai 90 persen,” kata Sitepu (MS/trans)

Related Posts

LEAVE A COMMENT

Make sure you enter the(*) required information where indicated. HTML code is not allowed

Theme Settings

Please implement Expnews_Options_menu_location_multi_select::getCpanelHtml()

Please implement Expnews_Options_multi_select::getCpanelHtml()