Rupiah Bergerak Datar Sedangkan IHSG Terbatas

MEDAN|Rupiah bergerak datar sedangkan IHSG bergerak terbatas. Nilai tukar Rupiah yang ditransaksikan terhadap US Dollar bergerak datar cenderung melemah di akhir pekan ini pasca penguatannya sehari sebelumnya. Terpantau sampai jumat (28/7) sore Rupiah bergerak di kisaran 13.320-13.328. Demikian dikatakan Pengamat Ekonomi Sumut, Gumawan Benyamin kepada wartawan hari ini,

“Berdasarkan kurs referensi Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (JISDOR), rupiah di patok melemah 11 poin dibandingkan dengan patokan sebelumnya 13.315 menjadi 13.326 per US Dollar,” katanya.

Dia menjelaskan mendatarnya pergerakan Rupiah terhadap US Dollar yang cenderung melemah imbas mulai bergerak naiknya indeks Dollar. di samping itu Rupiah masih minim sentimen yang mempengaruhi pergerakannya. Terpuruknya mata uang Rupiah mengikuti mayoritas mata uang Asia yang mengalami pelemahan terhadap US Dollar.
Sementara itu mulai keluarnya US Dollar dari tekanan karena meredanya isu politik di AS serta pelaku pasar yang telah mengantisipasi kebijakan bank sentral AS yang menetapkan tingkat suku bunga yang tetap sebesar 1,25 persen, menjadi pemicu mulai menguatnya US Dolar saat ini.

Disisi lain, IHSG mengalami kenaikan yang terbatas sepanjang dua hari berturut-turut. IHSG mengawali perdagangan dengan dibuka menguat di bandingkan penutpan sebelumnya di level 5822,80. IHSG sempat tertekan sampai menyentuh level 5804,79. Tetapi IHSG kembali berhasil ditutup menguat terbatas sebesar 11,28 poin atu 0,194 persen menjadi 5831,02 dengan total transaksi mencapai Rp. 7,93 Triliun. Pihak asing melakukan aksi jual bersih atau net foreign sell mencapi Rp. 24 Miliar.

“Tekanan pada IHSG juga dibayang-bayangi oleh memburknya kinerja indek bursa eropa seiring dengan pelemahan data consumer spending perancis yang mengalami penurunan sebesar -0.9% secara bulanan,” paparnya.

Dia menambahkan sementara itu, Sektor pertambangan memimpin sektor yang paling banyak mengalami kenaikan sebesar 1,676 persen yang berhasil mempertahankan posisi IHSG diteritori positifnya. Saham ENRG menjadi saham yang paling aktif diperdagangkan dibursa pasca reverse stock kemarin. “Walaupun begitu saham ENRG tetap ditutup turun sebesar 24,77 persen,” tambahnya.

Related Posts

LEAVE A COMMENT

Make sure you enter the(*) required information where indicated. HTML code is not allowed

Theme Settings

Please implement Expnews_Options_menu_location_multi_select::getCpanelHtml()

Please implement Expnews_Options_multi_select::getCpanelHtml()