Catat 21 Agustus akan Terjadi Gerhana Matahari Total

BULAN DEPAN, orang-orang di seluruh dunia akan menyaksikan peristiwa langka yakni gerhana matahari, yang terjadi saat bulan berlalu antara Bumi dan matahari.

Mereka yang berdiri tepat di bawah bayang-bayang bulan di Bumi pada tanggal 21 Agustus, akan melihat cakram bulan bergerak perlahan di depan matahari sampai benar-benar menutupinya, hanya menyisakan lingkaran cahaya yang menyala di sekitar tepian.

Mereka yang tidak berada di tempat yang tepat untuk menyaksikan gerhana total mungkin masih melihat gerhana parsial. Langit akan gelap dan suhu akan turun, karena bulan mengaburkan sebagian sinar matahari dari pandangan.

Gerhana matahari tidak datang setiap hari, jadi jika Anda ingin melihat tontonannya, ada baiknya merencanakan ke depan untuk memastikan Anda berada dalam posisi yang baik saat hal itu terjadi.

Inilah yang perlu Anda ketahui tentang gerhana matahari 2017 total.

Apa itu gerhana matahari?
Gerhana matahari terjadi saat bulan berlalu antara Bumi dan matahari, mengaburkan sinar matahari dari pandangan.

Ketika bulan tampak benar-benar menutupi cakram matahari di langit, ia dikenal sebagai gerhana matahari total. Jika bagian dari matahari masih terlihat, ia dikenal sebagai gerhana matahari parsial.

Gerhana matahari terjadi karena bulan mengorbit Bumi dengan kecepatan rata-rata 239.000 mil – yang jaraknya sangat tepat untuk itu muncul dengan ukuran yang sama di langit seperti matahari yang jauh lebih besar, yang berjarak 93 juta mil.

Kebetulan yang luar biasa berarti bahwa, ketika bulan berlalu di depan matahari, tampaknya menutupiinya dengan sempurna.

Dimana saya bisa melihat gerhana matahari?

Tempat terbaik untuk melihat gerhana matahari ada di Amerika Serikat. Yang disebut “jalan totalitas”, yang menggambarkan daerah di mana gerhana matahari total terlihat, melewati tepat di tengah negara.

Jika Anda ingin melihat gerhana total, Anda harus berada di salah satu dari 11 negara bagian AS – termasuk Idaho, Wyoming, Nebraska, Kansas, Missouri, Illinois, Kentucky, Tennessee, Georgia, North Carolina dan South Carolina.

Sisa Amerika Serikat akan menyaksikan gerhana matahari parsial. Jumlah bulan yang menutupi matahari akan bervariasi tergantung dari tempat penampil berdiri.

Bagi kita di Inggris, kita juga akan menyaksikan gerhana matahari parsial – meski mungkin sedikit underwhelming, karena hanya 4% sinar matahari yang akan ditutupi oleh bulan.

Gerhana matahari total tentu saja akan tersedia untuk dilihat langsung di situs NASA.

Jam berapa gerhana matahari?

Gerhana akan dimulai di atas Samudera Pasifik pada pukul 15:46 GMT pada tanggal 21 Agustus.

Ini akan sampai di pesisir Oregon di Lincoln City, sebelah barat Salem, pukul 16.04 GMT (09.04 waktu setempat). Gerhana akan mencapai titik maksimumnya di sini pukul 17:17 GMT (10:17 waktu setempat).

Dari sini, bayangan tengah Bulan akan bergerak ke daratan di Idaho, Wyoming, Nebraska, Kansas, Missouri, Illinois, Kentucky, Tennessee, Georgia, North Carolina dan South Carolina.

Ini akan mencapai kota Charleston, South Carolina pada pukul 17.16 GMT (13:16 waktu setempat), dan akan mencapai titik maksimumnya pada pukul 18:47 GMT (14:47 waktu setempat), sebelum pindah ke Samudra Atlantik.

Bagi yang menonton di Inggris, gerhana akan dimulai sesaat setelah pukul 18.30 GMT (pukul 19.30 waktu setempat), dan mencapai maksimum sekitar pukul 19:00 GMT (20:00 waktu setempat).

Saat gerhana terjadi sangat dekat dengan matahari terbenam di Inggris, orang-orang di utara memiliki kesempatan terbaik untuk melihatnya, karena akan lebih ringan untuk waktu yang lebih lama.

Related Posts

LEAVE A COMMENT

Make sure you enter the(*) required information where indicated. HTML code is not allowed

Theme Settings

Please implement Expnews_Options_menu_location_multi_select::getCpanelHtml()

Please implement Expnews_Options_multi_select::getCpanelHtml()