Harga Gas Sei Mangkei Masih Mahal Tapi Pemda Tidak Responsif

MEDAN|Pemerintah daerah (pemda) dinilai tidak responsif pada persoalan harga gas industri di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Sei Mangkei yang hingga kini masih mahal mencapai US$ 12,75 per MMBTU. Sedangkan, harga gas industri di Medan saat ini saja sudah turun menjadi US$ 9,95 per MMBTU.

“Sebelumnya, sudah ada upaya untuk meminta agar harga gas di sana tidak sampai segitu. Harga itu terlalu tinggi dan sangat susah diterima pasar. Jika menggunakan gas itu maka sama dengan membuat cost tinggi pada produksi,” kata pengamat migas Sudirman Atmaja.

Sudirman mengatakan, dirinya memiliki kajian tentang apa saja persoalan yang dihadapi pengusaha dalam berinvestasi. Di antaranya, masalah ketersediaan lokasi atau kluster untuk industri, lalu sarana pendukung hingga bahan bakar.

“Jika dalam pelaksanaan di lapangan hanya tersedia lahan namun tidak didukung sarana serta distribusi bahan bakar yang baik. Maka, itu menjadi catatan khusus bagi investor. Di sini yang perlu diperhatikan,” ujarnya.

Dia mengatakan, di atas kertas reformasi birokrasi yang dibuat pemerintah pusat pada masalah perizinan juga sudah baik. Namun, aplikasinya tidak terlaksana dengan baik di lapangan atau di daerah.

“Satu hal lagi, seperti ketersediaan lahan untuk investasi di KEK Sei Mangkei itu. Sementara tidak didukung oleh bahan bakar yang murah yakni gas. Maka, industri di sana menggunakan bahan bakar solar padahal gas lebih ramah lingkungan. Untuk apa kalau lahan disediakan tapi tidak didukung bahan bakarnya,” jelasnya.

Hal itu, menurut Sudirman, sama dengan tidak memberikan kemudahan buat investor. Apalagi, selama ini pemda juga terkesan tidak peduli dengan apa yang terjadi termasuk harga gas industri yang masih tinggi. Hingga kini masih jadi persoalan dan pembahasan bagi investor.

Sementara itu, Media Relation Manager PT Pertagas Hatim Ilwan sebelumnya menyatakan, dalam penentuan harga gas ke Sei Mangkei pihaknya memikirkan dan mempertimbangkan berbagai hal termasuk bagaimana investasi pipa terpasang. Selain itu ada peran pemerintah dalam penentuan harga gas industri Sei Mangkei ini.

Related Posts

LEAVE A COMMENT

Make sure you enter the(*) required information where indicated. HTML code is not allowed

Theme Settings

Please implement Expnews_Options_menu_location_multi_select::getCpanelHtml()

Please implement Expnews_Options_multi_select::getCpanelHtml()