Sore Ini, Rupiah Bergerak Terbatas Sedangkan IHSG di Zona Hijau

MEDAN|Rupiah bergerak terbatas sedangkan IHSG bergerak di zona hijau. Pergerakan nilai tukar Rupiah yang ditransaksikan terhadap US Dollar bergerak terbatas dengan pergerakan dalam rentang penguatan dan pelamahan yang sangat terbatas. Demikian dikatakan Pengamat Ekonomi Sumut, Gumawan Benyamin kepada transbisnis hari ini.

“Walaupun Rupiah sempat dibuka menguat 1 poin dibandingkan level penutupan sebelumnya menjadi 13.322 per US Dollar. Namun pergerakn Rupiah tidak banyak berubah. Rupiah sempat tertekan sampai menyentuh level 13.334 per US Dollar. Disamping itu Rupiah juga sempat menguat dengan menyentuh level 13.297 per US Dollar. Terpantau sampai kamis (20/7) sore Rupiah bergerak dikisaran 13.315-13.330,” katanya.

Dia menjelaskan sedangkan berdasarkan kurs referensi Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (JISDOR), Rupiah dipatok pada level 13.320 per US Dollar. Patokan ini tidak lebih baik dibandingkan dengan hari sebelumnya yang dipatok 13.304 per US Dollar.

“Pergerakan nilai tukar Rupiah yang cenderung terbatas ini karena minimnya sentiment negatif yang mempengaruhi pergerakannya. Dengan kondisi politik dalam negeri yang tidak pasti ini membuat pergerakan Rupiah tertahan dan terbatas,” paparnya.

Dia menegaskan  Bank Indonesia akan merilis BI 7-day Repo Rate pada kamis sore. Diperkirakan BI 7-day Repo Rate tidak akan banyak berubah bahkan akan tetap sama dengan sebelumya. Diperkirakan pelaku pasar tidak akan benyak menanggapi terkait akan dirilisnya BI 7-day Repo Rate karena tidak akan berpengaruh signifakan terhadap pergerakan Rupiah.

Sementara itu US Dollar mulai bergerak menguat meninggalkan level terendahnya terhadap sebagian mata uang Asia. Walaupun saat ini US Dollar masih diselimuti sentiment negatif seperti dukungan terhadap Trump terkait kebijakannya yang akan mengganti program dari presiden sebelumnya kurang mendapat respon dari sebagian senator.

Dia mengingkapkan sebagian senator menilia kebijakn Trump untuk mengganti program presiden sebelumnya yaitu Obamacare tidak tepat karena belum ada rencana yang lebih baik dari itu. Selain itu masih kurang agresifnya sikap The Fed untuk menaikkan suku bunga pun membuat US Dollar tertekan. Akan tetapi US Dollar mendapat anging segar terkait dengan data ekonomi yang sedikit membaik seperti izin bangunan AS yang naik dari sebelumnya diperkirakan 3 persen naik menjadi 7,4 persen.

Dia menambahkan ISHG berhasil bergerak diteritori positifnya saat menunggu akan diumumkannya BI 7-day Repo Rate pasca pelemahan yang terjadi pada hari sebelumny. Selama satu hari perdagangan IHSG terus bergerak diteritori positifnya di area zona hijau.Bahkan IHSG sempat menguat mencapai level 5828,14. IHSG ditutup menguat tipis 18,51 poin atau 0,319 persen menjadi 5825,10 denga total transaksi mencapai Rp. 6,12 Triliun.

“Mayoritas sektor-sektor saham yang diperdagangkan di bursa bergerak menguat. Hal inilah yang membuat IHSG berhasil kembali ke zona hijau walaupun ditutup menguat tipis,” tambahnya.

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *