Perizinan Daring Dorong Capaian Satu Juta Rumah

JAKARTA|Perizinan di bidang perumahan dengan menggunakan sistem daring atau online diharapkan memudahkan masyarakat maupun pengembang perumahan untuk membangun rumah bagi masyarakat.

Namun, masyarakat maupun pengembang juga harus mampu memenuhi persyaratan yang dibutuhkan untuk mengurus perizinan perumahan sehingga waktu dalam proses perizinan tidak memakan waktu lama.

“Kami sangat mendukung pelaksanaan perizinan perumahan dengan sistem online yang telah diterapkan di beberapa kota besar di Indonesia. Hal itu tentunya akan ikut mendorong capaian Program Satu Juta Rumah di Indonesia,” ujar Direktur Jenderal Penyediaan Perumahan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Syarif Burhanuddin di Jakarta seperti dimuat laman investordaily.

Syarif menjelaskan, adanya sistem daring dan sistem pelayanan terpadu satu pintu di sektor perumahan secara tidak langsung akan mengurangi tindakan yang tidak wajar seperti pungutan liar dalam pengurusan perizinan perumahan. Masyarakat dan pengembang tinggal mengakses informasi mengenai persyaratan apa saja yang dibutuhkan dalam pengurusan dan memasukkan data-data yang diperlukan.

Berdasarkan data yang dimiliki oleh Direktorat Jenderal Penyediaan Perumahan, setidaknya sudah ada beberapa wilayah seperti DKI Jakarta, Surabaya, Pontianak dan Makassar yang telah menerapkan sistem daring. Kementerian PUPR, imbuhnya, juga sangat mendukung dan mendorong daerah-daerah lainnya untuk menerapkan sistem serupa sehingga mempermudah proses perizinannya.

“Pemerintah daerah sudah berupaya memberikan kemudahan perijinan. Kami harap masyarakat dan pengembang pun bisa ikut mendukung tercapainya program satu juta rumah di Indonesia,” tegasnya.

Related Posts

LEAVE A COMMENT

Make sure you enter the(*) required information where indicated. HTML code is not allowed

Theme Settings

Please implement Expnews_Options_menu_location_multi_select::getCpanelHtml()

Please implement Expnews_Options_multi_select::getCpanelHtml()