Rupiah Perkasa Sedangkan IHSG Datar

MEDAN|Rupiah perkasa sedangkan IHSG datar. Laju nilai tukar Rupiah terhadap US Dollar kembali menguat selama tiga hari berturut-turut. Rupiah dibuka menguat 34 poin pada hari kamis (13/7) di angka 13.335 per US Dollar. selama satu hari perdagangan, Rupiah terus bergerak menguat jika dibandingkan dengan harga penutupan sebelumnya. Demikian dikatakan Pengamat Ekonomi Sumut, Gumawan Benyamin kepada wartawan hari ini.

“Bahkan Rupiah sempat menguat sampai level 13.313 per US Dollar. Terpantau sampai kamis sore, Rupiah terus bergerak menguat dikisaran 13.325-13.339,” katanya.

Dia menjelaakan meski minim sentiment positif, Rupiah terus bergerak menguat yang memanfaatkan tertekan US Dollar di kawasan Asia. Hal inilah yang membuat Rupiah terus melanjutkan penguatannya. Ditambah lagi adanya rilisan data ekonomi dalam negeri yang positif. Penjualan ritel Indonesia diliris naik dibandingkan dengan sebelumnya 4,2 persen menjadi 4,3 persen. Selain itu naiknya harga minyak diharapkan dapat membuat laju penguatan Rupiah terus berlanjut.

“Karena dengan naiknya harga minyak tersebut bisa membuat dominasi US Dollar dapat berkurang. Namun dengan adanya sentiment yang mempengaruhi Rupiah yang bersifat variatif dapat membuat kerentanan lajunya,” paparnya.

Disisi lain dengan adanya komentar ketua The Fed Jannet Yellen yang berpidato didepan senat AS membuat US Dollar tertekan. Komentar Janet Yellen yang bersifat lemah tidak memberikan sinyal yang cukup besar untuk menaikkan tingkat suku bunga AS.  Diperkirakan pelemahan US Dollar akan tertahan jika klaim pengangguran AS sesuai dengan perkiraan. Klaim pengangguran AS diperkirakan akan turun dari sebelumnya 248.000 menjadi 245.000.

“Pergerakan IHSG bersifat datar meskipun berhasil ditutup menguat. IHSG dibuka menguat di teritori positif pada level 5839,39. IHSG sempat tertekan sampai menyentuh level 5809,40. Namun IHSG berhasil ditutup menguat 10 poin atau 0,188 persen menjadi 5830,04. Sebanyak 167 saham mengalami kenaikan, 168 saham mengalami penurunan, dan 126 saham tidak mengalami perubahan harga sama sekali dengan total transaksi mencapai Rp. 5.,71 Triliun. Tercatat pihak asing melakukan aksi jual bersih mencapai. Rp. 815 M,” tambahnya.

Related Posts

LEAVE A COMMENT

Make sure you enter the(*) required information where indicated. HTML code is not allowed

Theme Settings

Please implement Expnews_Options_menu_location_multi_select::getCpanelHtml()

Please implement Expnews_Options_multi_select::getCpanelHtml()